Aksi Solidaritas untuk Aleppo Juga Dilakukan Umat Islam di Semarang

SEMARANG (Jurnalislam.com) – Tragedi aleppo yang menewaskan ratusan warga sipil suriah membuat marah umat Islam di seluruh penjuru dunia. Beragam kecaman dan pembelaan dilakukan oleh umat Islam saat saudara muslimnya di Suriah dibantai oleh kolaborasi rezim Syiah Bashar Assad dan rezim komunis Putin.

Pada hari Jumat (6/5/2016), Forum Umat Islam Semarang (FUIS) mengadakan aksi penggalangan dana saudara muslim di Suriah. Aksi yang berlangsung usai shalat Jumat ini digelar di Kawasan Simpang Lima Semarang.

FUIS yang terdiri dari beberapa ormas Islam di Semarang ini menginformasikan kepada masyarakat tentang pembantaian umat Islam di Suriah. Kemudian FUIS mengajak masyarakat untuk peduli dengan wujud memberikan bantuan.

“Aksi pada siang hari ini, selain untuk menggalang dana kemanusiaan, juga untuk menyadarkan masyarakat semarang akan tragedi di Aleppo, Suriah. Karena banyak masyarakat Semarang yang belum tahu kalau di Aleppo telah terjadi pembantaian umat Islam oleh rezim Syiah Bashar Assad,” kata koordiantor aksi, Lutfi.

Salah satu orator aksi, Abu Sumayah menegaskan, aksinya diharapkan menjadi hujjah di hadapan Allah SWT bahwa pihaknya telah berbuat sesuatu untuk saudara Muslim di Aleppo.

“Saudara kita di aleppo butuh kepedulian dari kita khususnya umat Islam yang ada di negeri ini. Turunnya kita ke jalan hari ini mulai penggalangan dana dan teriakan takbir kita dibawah terik panas matahari semoga bisa menjadi hujjah kita kepada Allah Ta’ala. Bahwa kita telah berbuat sesuatu untuk saudara saudara kita di Aleppo Suriah. Kita bukan hanya sekedar diam dan menjadi penonton saja,” tegasnya.

Aksi tersebut mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat kota semarang. Mereka mengecam tindakan brutal rezim Syiah Bashar Assad. “Pembantaian umat Islam di Aleppo sangat sadis dan tidak berperikemanusiaan. Sangat dzhalim dan harus dihentikan,” ucap Widodo, warga Semarang.

Kekecewaan juga di ungkapkan warga Semarang lainnya, Manto. Dia sangat kecewa terhadap media-media nasional. “Saya sangat prihatin dan kecewa atas tragedi Aleppo. Karena serangan Bashar Assad kepada umat Islam itu sepi pemberitaannya oleh media-media nasional. Tidak seperti pemberitaan kejadian di Paris.” ungkapnya.

Kontributor: Abu Omar | Editor: Ally Muhammad Abduh | Jurnalislam

 

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.