Aksi Bela Uighur Digelar Juga di Istana Negara Yogyakarta

Aksi Bela Uighur Digelar Juga di Istana Negara Yogyakarta

YOGYAKARTA (Jurnalislam.com) – Ratusan Massa yang tergabung dalam Aliansi Muslim Bergerak, Sabtu (21/12/2019) menggelar unjuk rasa di sekitar kawasan Istana Negara di Yogyakarta.

Kawasan yang dikenal sebagai ‘titik kilometer 0’ berada persis di perempatan Kraton Yogyakarta, Kantor Pos Besar, dan Gedung BNI 46, serta kawasan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret 1949.

“Ini bentuk kepedulian kami atas nasib saudara kami di Uighur. Kami datang dari berbagai elemen pemuda dan mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Kami bergerak dengan pawai berjalan kaki dengan titik awal di kawasan Masjid Syuhada, memutar Tugu, hingga ke kawasan Malioboro, hingga depan Gedung Negara ini,” kata Koordinator Lapangan Aliansi Silaturahim Muslim Bergerak, Faisal Sahlan.

Para pengunjuk rasa yang terdiri dari kaum muda Yogyakarta berbaris dengan tertib saat melewati kawasan Malioboro yang saat ini mulai dipadati para wisatawan liburan akhir tahun.

Dengan membawa satu mobil komando dan diikuti satu mobil ambulans mengikutinya, bersama petugas keamanan dari aparat kepolisian dan militer terlihat menjaganya.

Para pengunjuk rasa menyayangkan sikap ormas Islam Indonesia yang terkesan diam dan tak berbuat maksimal.

”Hal ini membuat isu mengenai Uighur kembali memanas. Selain itu cuitan seorang pesepakbola dari salah satu klub Liga Inggris, Mesut Ozil, yang melakukan kritik keras terhadap berbagai perlakuan pemerintah Tiongkok terhadap Muslim Uighur menambah memanasnya isu ini,” tegasnya.

sumber: republika.co.id

 

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X