45 Milisi Syiah Houthi Tewas Saat Konvoi Militer di Taiz Dihajar Rudal Koalisi Arab

45 Milisi Syiah Houthi Tewas Saat Konvoi Militer di Taiz Dihajar Rudal Koalisi Arab

YAMAN (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 45 milisi Syiah Houthi tewas setelah rudal serangan udara koalisi Arab menargetkan konvoi militer mereka di dekat kota Burj, di barat Taiz.

Di antara mereka yang tewas adalah tokoh senior pemberontak Houthi Amin al-Humaidan selama serangan yang juga menghancurkan sejumlah senjata dan kendaraan milisi.

Serangan itu terjadi hanya dua hari setelah koalisi Arab melaporkan bahwa mereka mencegat rudal balistik yang ditembakkan oleh pemberontak Houthi ke arah pos tentara Yaman di provinsi al-Dhabbab di Taiz.

Sumber militer melaporkan bahwa rudal itu diluncurkan dari kamp Khaled dekat Taiz, lansir Al Arabiya News Channel, Sabtu (18/03/2017).

Sebagian besar provinsi Taiz dikendalikan oleh milisi Syiah Houthi, yang mengepung pasukan sekutu Presiden yang didukung PBB Abedrabbo Mansour Hadi yang bersembunyi di ibukota provinsi Taiz.

Di provinsi barat Hodeida, pesawat koalisi yang dipimpin Arab Saudi melakukan serangkaian serangan di sebuah kamp pelatihan pemberontak Syiah pada Sabtu, meninggalkan “puluhan tewas dan terluka,” kata seorang pejabat militer.

Kamp yang terletak 70 kilometer (45 mil) di timur kota Hodeida, adalah rumah bagi rekrutan muda yang terdaftar dalam milisi Houthi. Dua pekan lalu Houthi memaksa setiap kabupaten di Hodeida untuk mengirim 30 orang pemuda mereka untuk menjalani wajib militer.

Bagikan
Close X