Zona Merah hingga Oranye Covid Bertambah, Hijau Berkurang

Zona Merah hingga Oranye Covid Bertambah, Hijau Berkurang

JAKARTA(Jurnalislam.com)– Dari data yang dimiliki Satgas Penanganan Covid-19, daerah zona hijau dan kuning tergerus mengalami penurunan. Sementara daerah berzona kuning dan oranye mengalami peningkatan.

“Kami ingin sampaikan tentang peta zonasi risiko per 6 September di Indonesia. Dan kalau kita lihat kondisinya tidak terlalu menggembirakan,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Selasa (8/9/2020).

Dia mengatakan, daerah risiko tinggi atau yang berzona merah jumlahnya meningkat dari 65 kabupaten/kota pada minggu lalu menjadi 70 kabupaten/kota. Begitu juga risiko sedang atau berzona oranye naik dari 230 menjadi 267 kabupaten/kota.

“Sedangkan risiko rendah dari 151 menjadi 114 kabupaten kota. Yang tidak ada kasus dari 42 menjadi 38. Dan tidak terdampak dari 26 kabupaten/kota turun menjadi hanya 25 kabupaten/kota,” ujarnya.

Wiku menjelaskan, perubahan zonasi ini karena selama 3 minggu terakhir terjadi peningkatan kabupatenkota yang masuk kepada risiko tinggi dan sedang. Lalu di saat yang sama selama 3 minggu ini daerah risiko rendah dan tidak terdampak mengalami penurunan.

“Jadi selama 3 minggu terakhir, terjadi peningkatan jumlah kasus. Dan jumlah daerah yang menuju risiko peningkatan kasus lebih tinggi atau sedang dan tinggi. Ini perlu menjadi perhatian kita semuanya agar kondisi ini harus diperbaiki,” ungkapnya.

Sumber: sindonews.com

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X