Responsive image

Wilayah Kekuasan IS di Irak Turun Dratis, Begini Laporannya

Wilayah Kekuasan IS di Irak Turun Dratis, Begini Laporannya

MOSUL (Jurnalislam.com) – Kelompok Islamic State (IS) saat ini menguasai kurang dari tujuh persen wilayah Irak, turun dari 40 persen yang mereka kuasai hampir tiga tahun yang lalu, seorang juru bicara militer mengatakan, Selasa (11/4/2017), lansir Middle East Eye.

Pasukan Irak yang didukung oleh serangan udara pimpinan dan bantuan lainnya dari AS kini berperang melawan IS di dalam kota kedua Mosul, setelah merebut kembali banyak wilayah yang sebelumnya telah dikuasai.

“IS menguasai 40 persen lahan Irak”, Brigadir Jenderal Yahya Rasool mengatakan kepada wartawan pada tahun 2014.

“Pada tanggal 31 Maret (tahun ini), mereka hanya menguasai 6,8 persen wilayah Irak,” kata Rasool, juru bicara Komando Operasi Gabungan yang mengkoordinasikan penyerangan

Berbagai anggota pasukan, Irak dan asing, yang berperang melawan IS di masa lalu tidak sepakat mengenai wilayah sekitar yang dikuasai, tapi IS telah terus kehilangan wilayah selama hampir dua tahun.

IS mengambil alih Mosul pada bulan Juni 2014 dan kemudian menyapu banyak daerah Arab Sunni di negara itu.

Jangkauan IS di Irak memuncak pada bulan Agustus tahun yang sama ketika serangan kedua mereka mengambil alih wilayah Irak utara yang merupakan rumah bagi berbagai kelompok minoritas dan telah berada di bawah kendali pasukan daerah otonom Kurdi di negara ini.

Pasukan Irak dengan dukungan dari koalisi dikerahkan di Irak dan melakukan serangan udara harian – memulai serangan besar untuk merebut Mosul pada Oktober 2016.

Bagikan
Close X