Umat Islam Tolak Kedatangan Tokoh Syiah di IAIN Surakarta

Umat Islam Tolak Kedatangan Tokoh Syiah di IAIN Surakarta

SUKOHARJO (Jurnalislam.com) – Umat Islam Soloraya pada Rabu (3/5/2017) mendatangi kampus IAIN Surakarta guna menyampaikan keberatan atas rencana kedatangan tokoh Syiah Indonesia, Haidar Bagir ke kampus tersebut. Rencananya pemilik penerbitan Mizan itu akan mengisi acara talkshow pada Selasa pekan depan.

Ustadz Umair Khaz dari Aliansi Nasional Anti Syiah (ANNAS) Solo mengatakan, umat Islam Soloraya keberatan dengan acara tersebut. Sebab, Syiah merupakan isu sensitif di Solo dan Haidar Bagir adalah tokoh Syiah terkemuka di Indonesia.

“Di luar sana umat Islam Soloraya menyatakan keberatan dan menginginkan acara tersebut tidak diadakan di Solo. Kita ingin menjaga stabilitas keamanan umat Islam Soloraya agar tercapai kemaslahatan bersama,” katanya di ruang rektorat IAIN Surakarta, Rabu (3/5/2017).

Senada dengan itu, Ustadz Jayendra dari Muhammadiyah Solo menyayangkan sikap rektorat yang mengizinkan tokoh Syiah itu hadir di IAIN yang notabene ahlu sunnah wal jamaah.

“Kami bersama elemen umat Islam Soloraya ini menyatakan keberatan, karena akan mengganggu kondusifitas umat Islam di Soloraya. Prinsipnya kami juga keberatan jika nuansa Syiah itu ada di IAIN,” terangnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Surakarta, Mudhofir Abdullah menjelaskan bahwa pihaknya tidak bisa membatalkan acara tersebut. Akan tetapi ia akan mempertimbangkan untuk mengganti narasumber.

“Kalau nanti saya batalkan, maka saya akan di demo mahasiswa karena mahasiswa karena tidak mendukung kegiatan intelektual. Jadi kami tidak bisa membatalkan, tapi mungkin kita bisa ganti narasumber karena ada keberatan dari umat islam di soloraya,” jawabnya.

Reporter: Arie Ristyan

Bagikan