Responsive image

Turki Lanjutkan Operasi Anti Teroris YPG Dukungan AS di Manbij

Turki Lanjutkan Operasi Anti Teroris YPG Dukungan AS di Manbij

ANKARA (Jurnalislam.com) – Turki akan melanjutkan kegiatan kontra-terorisme di Suriah, menurut deklarasi yang diterbitkan oleh Dewan Keamanan Nasional negara itu Kamis (20/9/2018).

Menurut deklarasi itu, Turki bertekad untuk melanjutkan kegiatannya yang meningkat untuk “menghapuskan terorisme di wilayah lain Suriah.”

Deklarasi ini menyerukan kepada komunitas internasional untuk memenuhi tanggung jawab politik dan kemanusiaan dengan lebih cepat dan efektif.

Turki mengharapkan implementasi dari roadmap yang disepakati untuk membersihkan kota Suriah Manbij dari organisasi teroris, katanya.

Baca juga: 

Pada hari Selasa, juru bicara militer AS mengatakan Washington tetap berpegang pada kesepakatan dengan Turki atas roadmap untuk kota Manbij di Suriah utara, dan tidak termasuk PKK / YPG.

Kolonel Sean J. Ryan, juru bicara the Combined Joint Task Force pimpinan AS, menekankan ada sedikit elemen YPG yang tersisa di daerah tersebut.

“Sejauh yang saya lacak, sangat sedikit YPG jika memang mereka masih ada. Dan kami mematuhi perjanjian bahwa YPG tidak akan menjadi bagian dari Manbij,” kata Ryan kepada Anadolu Agency.

Turki dan AS melakukan lebih dari 40 putaran patroli terkoordinasi terpisah di wilayah tersebut antara daerah-daerah yang dibebaskan oleh Operasi Turki, Euphrates Shield dengan Manbij, menurut pejabat Turki.

Baca juga: 

Patroli terpisah oleh tentara Turki dan AS di wilayah itu dimulai 18 Juni, namun, patroli bersama belum dilakukan.

YPG adalah cabang Suriah dari organisasi teroris PKK yang persenjataanya didukung AS dan merupakan target kontra-teroris Turki, Operation Olive Branch, di Afrin, Suriah, dekat perbatasan dengan Turki.

Dalam lebih dari 30 tahun operasi teror melawan Turki, PKK – yang terdaftar sebagai organisasi teroris oleh Turki, AS dan Uni Eropa – bertanggung jawab atas kematian sekitar 40.000 orang, termasuk wanita dan anak-anak.

Deklarasi itu juga menunjukkan pentingnya perjanjian Turki-Rusia yang menyerukan demiliterisasi kota Idlib di Suriah.

Bagikan

2 thoughts on “Turki Lanjutkan Operasi Anti Teroris YPG Dukungan AS di Manbij

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X