Turki Gelar Perayaan Maulid Nabi Saw di Seluruh Penjuru Negeri

Turki Gelar Perayaan Maulid Nabi Saw di Seluruh Penjuru Negeri

ISTANBUL (Jurnalislam.com) – Turki merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, sebuah hari yang sangat penting dalam Islam, pada hari Rabu malam (29/11/2017), lansir Anadolu Agency.

Umat Muslim dari segala usia berbondong-bondong ke masjid untuk sholat dan mengucapkan pujian yang dipersembahkan kepada Nabi dalam kesempatan yang dikenal dengan nama Maulid Nabi Saw.

Program-program reliji diselenggarakan di seluruh negeri, masjid-masjid Turki, termasuk di Istanbul, Ankara, Bursa, Edirne, Gaziantep, Hatay, Konya, Hakkari dan Sanliurfa.

Di malam yang suci ini, umat Islam mengucapkan doa dan membaca Alquran di rumah dan masjid mereka. Selain berdoa, mereka juga mendengarkan pujian memuji Allah dan Nabi-Nya.

Serangkaian kegiatan, seni dan pameran, juga diselenggarakan di siang hari.

Presiden Recep Tayyip Erdogan dan Perdana Menteri Binali Yildirim juga merayakan Maulid Nabi di kediaman mereka pada hari Rabu.

Kepala Direktorat Urusan Agama Turki juga menulis sebuah pesan, mengatakan bahwa Nabi Saw dan Alquran adalah kunci kebahagiaan di dunia dan akhirat.

“Nilai, kedamaian dan kepercayaan yang dirindukan orang-orang dan dunia saat ini hanya bisa dicapai dengan kebenaran yang telah disampaikan Nabi Saw kepada umat manusia …,” kata Erbas.

Ibu Negara Emine Erdogan juga memposting pesan di akun Twitter-nya, menyampaikan salamnya untuk hari ini ke dunia Islam dan rakyat Turki.

“Saya berharap kepada Allah bahwa malam yang diberkati ini akan membawa kedamaian, kesehatan dan kelimpahan ke seluruh dunia,” kata Emine Erdogan.

Muslim di seluruh dunia menetapkan 12 Rabi-ul-Awwal sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad Saw. Nabi meninggal pada hari yang sama dengan hari kelahirannya, pada usia 63 tahun.

Hari itu merupakan hari libur umum di beberapa negara berpenduduk mayoritas Muslim, termasuk Pakistan, Indonesia, Malaysia, Bangladesh dan beberapa wilayah di India.

Bagikan
Close X