Trump dan Putin akan Bahas Suriah pada Pertemuan Puncak di Finlandia

Trump dan Putin akan Bahas Suriah pada Pertemuan Puncak di Finlandia

MOSKOW (Jurnalislam.com) – Ibukota Finlandia, Helsinki, akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak yang paling dinanti pada 16 Juli antara pemimpin Rusia dan AS, Kremlin mengeluarkan pernyataan pada Kamis (28/6/2018).

Presiden Rusia Vladimir Putin dan mitranya dari AS Donald Trump akan membahas keadaan saat ini dan prospek kerjasama bilateral, kata Kremlin di situs resminya.

Gedung Putih mengkonfirmasi pertemuan yang direncanakan itu dalam sebuah pernyataan yang mengatakan kedua pemimpin juga akan membahas “berbagai masalah keamanan nasional”.

Pertemuan itu diatur untuk memasukkan diskusi tentang Ukraina dan Suriah, kata Trump pada hari Rabu. Rusia mendukung separatis di timur Ukraina yang juga menduduki Semenanjung Krimea, sedangkan AS menentangnya juga menentang dukungan Rusia untuk rezim Suriah.

Trump dan Putin dalam Sambungan Telepon: Bagaimana Caranya Kalahkan Kelompok Jihad

Sementara itu, Trump, dalam posting Twitter sebelum pengumuman resmi Kamis, meragukan penilaian badan-badan intelijen AS yang menetapkan bahwa Kremlin berupaya dalam turut campur pemilihan presiden 2016 yang menguntungkan Trump.

“Rusia terus mengatakan mereka tidak ada hubungannya dengan Meddling dalam Pemilihan kita!” Kata Trump. “Mengapa Hillary/Rusia tidak dilihat? Begitu banyak pertanyaan, begitu banyak korupsi!”

Ternyata Rusia Turut Campur dalam Pemilihan Trump pada Pemilu AS 2016

Tweet itu muncul lebih dari tiga puluh menit sebelum Gedung Putih secara terbuka mengakui kerja sama bilateral Trump dengan Putin, dan diikuti oleh tweet lain di mana dia mengulangi ucapannya bahwa baik dia maupun tim kampanyenya tidak bekerja sama dengan Moskow dalam kampanye untuk melemahkan penantang Trump, Hillary Clinton.

Masalahnya saat ini sedang diselidiki oleh Penasihat Khusus Robert Mueller dan Bloomberg melaporkan dia sedang berusaha untuk menyelesaikan penyelidikannya, dan mungkin akan menghasilkan dakwaan, pada musim gugur ini.

Trump akan bertemu pemimpin Rusia hanya beberapa hari setelah ia duduk dengan para pemimpin NATO di Brussels 11-12 Juli. Trump telah memperburuk hubungan dengan sekutu-sekutu transatlantic-nya tersebut di tengah pertikaian perdagangan dan panggilan publik bagi mereka untuk meningkatkan belanja pertahanan mereka saat ia berusaha untuk meningkatkan hubungan yang mengerikan dengan Moskow.

Bagikan
Close X