Tekan Riba, Muslimah Bima Peduli Berikan Pinjaman Modal Tanpa Bunga untuk Pedagang Kecil

16 September 2017
Tekan Riba, Muslimah Bima Peduli Berikan Pinjaman Modal Tanpa Bunga untuk Pedagang Kecil

BIMA (Jurnalislam.com) – Untuk menekan praktek riba di tengah-tengah masyarakat, Muslimah Bima Peduli (MBP) memberikan bantuan dan pinjaman modal tanpa bunga kepada pedagang-pedagang kecil di Kelurahan Dara, Kecamatan Rasana’e Barat, Kota Bima, Jum’at (15/9/2017).

Koordinator MBP, Parmila mengatakan, bantuan dan pinjaman modal tersebut diberikan kepada para pedagang yang kesulitan mengembangkan usahanya. Para penerima bantuan modal sebelumnya disurvei dan diwawancarai, jika lolos mereka direkomendasikan untuk menerima bantuan modal usaha.

“Bantuan dan peminjaman modal tanpa bunga ini juga kami berikan untuk menekan angka riba, karena rata-rata mereka sangat kesulitan ketika harus meminta pinjaman modal ke tempat-tempat lain,” papar Parmila.

Muslimah Bima Peduli Kembali Salurkan Bantuan untuk Warga Palestina

Bantuan modal diberikan secara cuma-cuma dengan melihat tingkat kemampuan serta finansialnya.

“Apabila dia benar-benar tidak mampu dan memiliki kemauan untuk berusaha maka kami berikan bantuan untuk modal usahanya. Tetapi dari keuntungannya nanti kita minta untuk berinfak bagi saudara kita yang membutuhkan,” katanya.

Sedangkan untuk pinjaman modal diberikan tanpa bunga, untuk memudahkan mereka dalam pengembalian meskipun dicicil.

“Dengan adanya bantuan dan pinjaman modal ini paling tidak minimal mereka bisa bebas dari jeratan bunga lebih-lebih terbebas dari praktek riba,” ujar Parmila.

Parmila berharap bantuan dan pinjaman modal tersebut dapat membantu masyarakat yang sedang kesulitan, sehingga mereka bisa terus mengembangkan usahanya.