Taliban Tegaskan Akan Menjadi Pemimpin Sah di Afghanistan

Taliban Tegaskan Akan Menjadi Pemimpin Sah di Afghanistan

AFGANISTAN(Jurnalislam.com)-Juru bicara Taliban Mohammad Naim mengatakan Taliban akan menentang kehadiran pasukan Turki di Afghanistan dalam kerangka perwakilan the North Atlantic Treaty Organisation (NATO).

“Kami tidak membutuhkan kehadiran kekuatan yang datang dalam rangka invasi,” kata Naim dalam sebuah wawancara di situs berita Araby 21 (18/07/2021).

Pernyataan tersebut sekaligus menegaskan bahwa Taliban tidak akan mentolerir kehadiran pasukan Turki yang memiliki kesamaan agama, budaya dan etnis dengan orang Afghanistan.

Sementara itu Turki mengatakan tidak akan mengirim pasukan tambahan ke Afghanistan, tetapi hanya menawarkan untuk mengamankan bandara internasional Kabul yang dianggap vital dalam upaya untuk meningkatkan hubungan kerjasama AS-Turki ketika pasukan Amerika dan NATO menyelesaikan penarikan pasukan mereka dari Afghanistan.

Naim juga menepis kekhawatiran bahwa serangan yang sedang berlangsung yang dilakukan oleh Taliban akan mengakibatkan perang saudara.

Sebaliknya, juru bicara itu mengatakan pemerintah Afghanistan di Kabul akan “runtuh” ​​dan kelompok Taliban akan muncul sebagai wakil sah rakyat Afghanistan.

Pemimpin tertinggi Taliban, Haibatullah Akhunzada, pada hari Ahad kemarin mengatakan bahwa dia “sangat mendukung” penyelesaian secara politik untuk konflik di Afghanistan. Pernyataan itu muncul ketika perwakilan dari pemerintah Afghanistan dan pejuang Taliban duduk bersama untuk putaran baru dalam perundingan di Doha yang bertujuan menghidupkan kembali pembicaraan damai yang telah lama terhenti. (Bahri)

Sumber: The New Arab

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X