Taliban Luluskan 67 Mujahidin Terbaik dari Kamp-kamp Afghanistan Utara

Taliban Luluskan 67 Mujahidin Terbaik dari Kamp-kamp Afghanistan Utara

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com)Imarah Islam Afghanistan (Taliban) mengatakan bahwa 67 “Mujahidin” terbaik telah lulus dari dua kamp pelatihan yang terletak di provinsi Faryab di barat laut Afghanistan setelah mendapatkan latihan khusus. Taliban telah mempublikasikan 12 fasilitas pelatihan di seluruh negeri sejak akhir 2014.

Empat puluh pejuang lulus pada 18 Maret dari “kamp militer – Intiqam Giran-e-Quran – di sekitar distrik Shirin Tagab” di Faryab. Pernyataan ini dirilis pada Voice of Jihad, situs media resmi Taliban.

“Mujahidin menerima pelatihan tentang penggunaan senjata berat dan ringan, menembak sasaran, informasi mengenai militer dan bahan peledak di kamp,” menurut Voice of Jihad.

Kabupaten Shirin Tagab adalah salah satu dari tujuh kabupaten yang diperebutkan oleh Taliban. Pada bulan Juli 2016, RFE / RL melaporkan bahwa sedikitnya 35 desa berada di bawah kendali Taliban. Pada Februari 2017, Taliban mengambil alih satu desa lain di Kabupaten Shirin Tagab setelah membunuh lima polisi boneka.

Dalam pernyataan kedua, yang dirilis pada 17 Maret, Taliban mengatakan bahwa “sebanyak 27 Mujahidin lulus dari kamp militer Khalid-Bin-Walik pada hari Kamis.”
Provinsi Faryab dikenal sebagai tempat terbaik bagi Taliban. Dari 15 kabupaten di provinsi Faryab, tujuh dalam kepungan Taliban dan satu lagi telah dikuasai Taliban, menurut data yang dikumpulkan oleh FDD Long War Journal.

Taliban menggunakan kabupaten ini untuk meluncurkan serangan terhadap Maimana, ibukota provinsi. Walaupun pasukan Afghanistan mencegah jatuhnya Maimana, mereka gagal mengeluarkan Taliban dari distrik-distrik sekitarnya.

Taliban telah mempublikasikan sedikitnya 12 dari kamp pelatihan sejak akhir 2014 (lihat daftar di bawah). Pada akhir 2015, Taliban mengumumkan bahwa kamp Khalid bin Walid mengoperasikan 12 fasilitas satelit di seluruh Afghanistan, dan memiliki kapasitas untuk “melatih hingga 2000 rekrutan dalam satu waktu.” Selain itu Taliban mengatakan, kamp Khalid bin Walid juga “melatih rekrutan di 8 provinsi (Helmand, Kandahar, Ghazni, Ghor, Saripul, Faryab, Farah dan Maidan Wardak) dan memiliki sekitar 300 ahli pelatih militer dan ulama.”

Tandzim al Qaeda, diketahui juga mengoperasikan kamp di Afghanistan. Pada 2015, AS menyerang sebuah kamp al Qaeda di distrik Bermal di Paktika, dan dua lainnya di distrik Shorabak di provinsi Kandahar. Komandan pasukan AS di Afghanistan, Jenderal John Campbell, mengatakan bahwa salah satu kamp di Shorabak adalah yang terbesar di Afghanistan sejak AS menginvasi pada tahun 2001. Kamp-kamp Al Qaeda juga telah beroperasi di Kunar dan Nuristan.

Harakat-ul-Mujahideen, sebuah faksi jihad Pakistan yang erat bekerjasama dengan al Qaeda, “mengoperasikan kamp pelatihan di Afghanistan timur,” pemerintah AS menyatakan pada tahun 2014. Partai Islam Turkistan, Islamic Jihad Union, dan Imam Bukhari Jamaat, sebuah kelompok jihad Uzbek yang beroperasi di Suriah dan Afghanistan afiliasi al Qaeda, juga mengaku mengoperasikan kamp-kamp di Afghanistan.

Kamp pelatihan yang dipublikasikan oleh Taliban sejak Desember 2014:

Desember 2014: Taliban mengumumkan keberadaan sebuah kamp pelatihan di provinsi Faryab.
Desember 2014: Kamp Khalid bin Waleed di provinsi Kunar.
Juni 2015: Taliban menyebut kamp pelatihan “pasukan khusus”; Lokasi tidak diungkapkan.
Agustus 2015: Kamp Pelatihan Shaheed Ustaz Aasim di Lions Den, di provinsi Paktia.
September 2015: Kamp Salahadin Ayyubi; Lokasi tidak diungkapkan.
Juli 2016: Kamp pelatihan Omar bin Khattab di Kunduz.
Oktober 2016: Kamp pelatihan Jihad Abdullah bin Mubarak; Lokasi tidak diungkapkan.
November 2015: Kamp Khalid bin Walid; Lokasi tidak diungkapkan. Menurut Taliban, memiliki 12 “cabang.”
November 2015: Kamp Abu Dujana, di provinsi Sar-i-Pul. Ini adalah salah satu dari 12 kamp cabang Kamp Khalid bin Walid.
Januari 2017: Kamp pelatihan Al Farouq; Lokasi tidak diungkapkan.
Maret 2017: Intiqam Giran-e-Quran di Faryab.
Maret 2017: Khalid-Bin-Walid, di Faryab.

Bagikan
Close X