Responsive image

Taliban Gunakan Taktik Baru untuk Serang Pos Militer

Taliban Gunakan Taktik Baru untuk Serang Pos Militer

HELMAND (Jurnalislam.com) – Serangan udara AS mencapai posisi Taliban di Provinsi Helmand Afghanistan selatan yang diperebutkan setelah Taliban menggunakan terowongan untuk menyerang pos pemeriksaan militer, kata para pejabat Afghanistan.

Kedua belah pihak melaporkan bahwa pertempuran dimulai pada hari Senin dan dilakukan selama dua hari di distrik Sangin, wilayah di mana pasukan Imarah Islam Afghanistan telah membuat kemenangan besar selama dua tahun terakhir.

“Taliban menggunakan taktik baru menyerang posisi pasukan Nasional Afghanistan (ANA) untuk mengambil alih distrik Sangin. Namun, dengan bantuan serangan udara AS, Taliban terdorong mundur,” Omar Zwak, juru bicara gubernur provinsi selatan, mengatakan kepada Al Jazeera, Rabu (01/02/2017).

“Kami tidak memiliki informasi jumlah yang tewas, tapi ada korban di kedua belah pihak.”

Para pejabat mengatakan Taliban menggali terowongan ke pos-pos pemeriksaan dari rumah-rumah di dekatnya.

Charles Cleveland, juru bicara militer AS di Afghanistan, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa AS melakukan 15 serangan udara dalam 48 jam terakhir. Dia mengatakan unit bala bantuan dan komando juga dikirim ke daerah. Pasukan AS mengakui membunuh 33 warga sipil dalam bentrokan dengan Taliban.

Seorang juru bicara daerah Taliban, Qari Yousuf Ahmadi, mengatakan para mujahidin Taliban telah merebut sedikitnya 25 pos pemeriksaan pemerintah dan menewaskan lebih dari 100 tentara ANA dan polisi, jumlah yang sering dikecilkan oleh pejabat pertahanan Afghanistan.

Menurut Inspektur Jenderal Khusus pemerintah AS untuk Rekonstruksi Afghanistan (Special Inspector General for Afghanistan Reconstruction-SIGAR), 6785 tentara dan polisi Afghanistan tewas antara 1 Januari hingga 12 November, 11.777 lainnya terluka.

Jumlah itu meningkat sekitar 35 persen dari jumlah sepanjang tahun 2015, ketika 5.000 anggota pasukan pertahanan bentukan AS itu tewas.

Bagikan
Close X