Syeikh Ayman al Zawahiri Bersumpah Setia kepada Amir Baru Taliban, Syeikh Mullah Haibatullah Akhundzada

Syeikh Ayman al Zawahiri Bersumpah Setia kepada Amir Baru Taliban, Syeikh Mullah Haibatullah Akhundzada

JURNALISLAM.COM – Amir Al Qaeda global Syeikh Ayman al Zawahiri telah bersumpah setia kepada amir baru Imarah Islam Afghanistan (Taliban), Syeikh Mullah Haibatullah Akhundzada. Sumpah kesetiaan Zawahiri tersebut termasuk dalam pesan 14 menit as Sahab yang baru dirilis. Pesan as Sahab, lengan media Al Qaeda, ini dirilis Sabtu (11/06/2016).

Seperti yang dilansir The Long War Journal, Sabtu, sumpah setia Syeikh Zawahiri tersebut disampaikan melalui audio. Rekaman lainnya, termasuk dua adegan Syeikh Usamah bin Laden, disertakan juga.

Syeikh Ayman Zawahiri menekankan bahwa sumpah untuk Syeikh Mullah Haibatullah adalah “pendekatan” yang sama yang diadopsi Syeikh bin Laden ketika ia sendiri bersumpah setia kepada Syeikh Mullah Umar sebelum serangan 11 September 2001 dan menyerukan umat Islam untuk mendukung Taliban.

Pada bulan Juli 2014, Al Qaeda merilis kembali video Syeikh Usamah bin Laden (yang direkam di pertengahan 2001) yang menjelaskan kesetiaannya kepada Syeikh Mullah Umar.

“Janji setia saya kepada Amirul mukminin (Mullah Omar) adalah janji kesetiaan besar, yang disebutkan dalam bab-bab Al-Quran dan kisah-kisah as Sunnah,” kata Syeikh bin Laden dalam video.

“Setiap Muslim harus mengatur pikiran dan hatinya dan berjanji setia kepada Amirul mukminin Mullah Muhammad Umar karena ini adalah janji besar.”

Juga pada bulan Juli 2014, al Qaeda menerbitkan buletin yang menegaskan kembali kesetiaan mereka kepada Syeikh Mullah Umar, mengatakan bahwa seluruh anggota organisasi tersebut di seluruh dunia adalah “prajurit mereka.”

Baca juga: 

Pada pertengahan Agustus 2015, as Sahab merilis pesan audio Zawahiri di mana ia bersumpah bay’ah (setia) kepada Mullah Mansour. Pesan itu mirip dengan pesan As Sahab yang baru dirilis, dengan gambar diam Zawahiri ditampilkan di seluruh video sambil membaca sumpah setia untuk Mansour.

Syeikh Zawahiri menjelaskan bahwa sumpah untuk Mansour itu seperti janji Syeikh bin Laden kepada Syeikh Mullah Umar – pernyataan yang sama Syeikh Zawahiri sehubungan dengan kesetiaannya kepada Syeikh Mullah Haibatullah.

Beberapa jam setelah janji Zawahiri untuk Mansour, pemimpin Taliban tersebut menerima sumpah Zawahiri di depan publik dalam sebuah pernyataan yang dirilis di situs resmi Taliban.

Syeikh Mullah Mansour gugur, syahid, dalam serangan pesawat tak berawak (drone) AS pada 21 Mei dan Mullah Haibatullah diangkat oleh majelis syara sebagai penggantinya.

Syeikh Mansour dipuji oleh jihadis di seluruh dunia, termasuk seluruh cabang-cabang al Qaeda.

Pada tanggal 29 Mei, Al Qaeda di Semenanjung Arab (AQAP), Al Qaeda di Maghreb Islam (AQIM), dan Jabhah Nusrah merilis pernyataan belasungkawa mereka untuk Mansour, memuji jihadis tersebut dalam melawan “Tentara Salib” (AS dan NATO). Pernyataan ketiga cabang al Qaeda itu tidak mengatakan bahwa mereka sendiri berjanji setia untuk Mullah Haibatullah, tapi ini tidak mengejutkan.

Baca juga: Cabang-cabang Al Qaeda Puji Kepemimpinan Syeikh Mullah Akhtar Mansur

Dalam hirarki al Qaeda, cabang-cabang regionalnya – Jabhah Nusrah, AQAP, AQIM, Shabaab di Somalia, Anshar Dien, Anshar Syariah dan al Qaeda di benua India (AQIS) – bersumpah setia kepada Syeikh Ayman Zawahiri, kemudian bertanggung jawab untuk melancarkan jihad di daerah mereka yang ditunjuk atas nama al Qaeda. Ini berarti bahwa mujahidin harus mengikuti manhaj (metodologi) al Qaeda yang mencakup seperangkat pedoman untuk melancarkan serangan (operasi militer).

 

Deddy | TLWJ | Jurnalislam

 

Bagikan

One thought on “Syeikh Ayman al Zawahiri Bersumpah Setia kepada Amir Baru Taliban, Syeikh Mullah Haibatullah Akhundzada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.