Sudah Setengah Juta Lebih Muslim Rohingya Menyebrang ke Bangladesh

Sudah Setengah Juta Lebih Muslim Rohingya Menyebrang ke Bangladesh

JENEWA (Jurnalislam.com) – Lebih dari setengah juta Muslim Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh dari Myanmar sejak 25 Agustus, PBB mengatakan pada hari Kamis (28/9/2017).

Duniya Aslam Khan, petugas komunikasi untuk badan pengungsi UNHCR, mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa 501.000 pengungsi Rohingya berada di kamp dan tempat tinggal sementara di sekitar kota Cox’s Bazaar, Bangladesh.

Joel Millman, juru bicara Organisasi Internasional untuk Migrasi (IOM), mengatakan kepada Anadolu Agency pada hari Selasa bahwa Rohingya yang menyeberang ke Bangladesh telah mencapai 480.000.

PBB: Bangladesh Butuh Bantuan Cepat untuk Atasi Gelombang Pengungsi Rohingya

Para pengungsi tersebut melarikan diri dari sebuah operasi militer di mana militer dan gerilyawan Buddha Myanmar membunuh para pria, wanita dan anak-anak, serta menjarah rumah dan membakar desa Rohingya.

Menurut Menteri Luar Negeri Bangladesh Abul Hasan Mahmood Ali, sekitar 3.000 orang Rohingya tewas dalam tindakan keras tersebut.

Muslim Rohingya, yang digambarkan oleh PBB sebagai kelompok etnis yang paling teraniaya di dunia, telah menghadapi ketakutan yang meningkat atas serangan kekejaman Militer Budha Myanmar sejak ribuan orang terbunuh dalam kekerasan komunal pada tahun 2012.

Bagikan
Close X