Subuh Berjamaah di Boyolali, Kang Aher Cerita Peran dan Fungsi Masjid

BOYOLALI (Jurnalislam.com) –Lebih dari 2500 jamaah dari Boyolali dan sekitarnya menghadiri helatan akbar shalat subuh berjama’ah Masjid Riyadhul Jannah,Ngreni Simo Boyolali pada Ahad (08/07/2018).

Subuh berjamaah plus tausiyah yang dihelat setiap pekan merupakan agenda pekanan, bertajuk ‘Masjid Makmur, Pemimpin Jujur, Ummat Akur’ menghadirkan pemateri Gubernur Jawa Barat Dr.H.Ahmad Hermawan,Lc.,M.Si.

Dalam paparannya, Ahmad Heryawan yang karib disapa kang Aher mengatakan bahwa salah satu ciri hebatnya keimanan kepada Allah suatu kampung ataupun negeri adalah salah satunya banyaknya orang yang shalat subuh di masjid.

“Jika sebua negeri semua shalat subuhnya di masjid, maka saksikan kampung atau negeri tersebut sedang hebat imanya kepada Allah,”katanya kepada ribuan jamaah yang hadir.

Fungsi masjid, katanya, selain sebagai tempat ubudiyah, tetapi juga sebagai temat thalabul ilmi juga sebagai tempat kadarisasi generasi terbaik umat.

“Oleh karenanya kalau kita mau mencari teman yang baik cari di masjid. Kalau mau cari mertua yang baik, cari di masjid. Kita mau cari menantu yang baik cari di masjid bahkan kalau kita mau cari pemimpin yang baik cari di masjid,”tambahnya.

Selain fungsi masjid diatas ada fungsi yang lainya,kalau jaman ulama dahulu masjid juga sebagai pembuat rekomendasi soal pinjam meminjam di baitul mal.

“Karena pinjam meminjam itu urusan kejujuran, maka zaman dahulu yang merekomendasikan kejujuran adalah masjid,” katanya.

Perhelatan subuh berjamaah di akhiri sarapan bersama dengan menu nasi macan khas Masjid Riyadhul Jannah.

Reporter : Ridho A

Bagikan