SMP Muhammadiyah Kottabarat Lepas 91 Siswa, Prestasi Meningkat

SMP Muhammadiyah Kottabarat Lepas 91 Siswa, Prestasi Meningkat

SURAKARTA(Jurnalislam.com)–SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menggelar wisuda dan pelepasan 91 siswa kelas 9 angkatan ke-10, Minggu (19/6). Wisuda yang bertajuk Raih Asa dan Cita-Cita Menuju Generasi Ulul Albab ini berlangsung di Ballroom HotelSunan, Solo.

 

Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko, memberikan apresiasi penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para wisudawan dan wisudawati karena berhasil menyumbang banyak prestasi selama belajar di sekolah. Tiga tahun belajar mampu meraih 410 prestasi baik akademik maupun non akademik. Prestasi tersebut diraih oleh 63 siswa.

 

“Prestasi tingkat sekolah berjumlah 56, 49 prestasi tingkat kota dan karisidenan, 26 prestasi tingkat provinsi, 260 prestasi tingkat nasional, dan 19 prestasi tingkat internasional. Selain itu, capaian hafalan Al-Qur’an di atas 4 juz ada 3 siswa, hafal 3 juz ada 2 siswa, dan hafal 2 juz ada 86 siswa,” paparnya saat sambutan.

 

Muhdiyatmoko pun menambahkan prestasi sekolah berdasarkan SK Wali Kota Surakarta, SMP Muhammadiyah PK ditetapkan sebagai sekolah adiwiyata tingkat kota. Sekolah juga mampu meraih juara sekolah sehat dan sekolah literasi. Terdapat tiga buku yang dilaunching yakni buku berjudul Bergerak dalam Kesunyian karya guru dan karyawan, buku berjudul Sastra dan Pendidikan Karakterkarya Muhdiyatmoko, Kepala Sekolah, dan buku karya siswa berjudul Untaian Asa dan Cita.

“Wujud upaya sekolah dalam menyalakan literasi adalah melaunching tiga buku karya siswa, guru dan karyawan, serta kepala sekolah,” jelasnya.

 

Muhdiyatmoko pun mengharapkan agar para lulusan mampu menjaga nilai-nilai dan kultur yang diajarkan selama tiga tahun di sekolah. “Kami berharap lulusan SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta mampu menjaga nilai-nilai, kultur, karakter yang sudah diajarkan serta mampu menjadi pionir kemajuan,” ungkapnya.

.

Sementara itu, Marpuji Ali selaku Bendahara PP Muhammadiyah dan Ketua Komite Perguruan Muhammadiyah Kottabarat Surakarta mengucapkan selamat atas pelepasan dan wisuda siswa-siswi SMP Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta angkatan ke-10.

 

“Sekolah mampu meluluskan siswa-siswi dengan catatan segudang prestasi dan melaunching buku karya kepala sekolah, ustaz-ustazah, dan siswa. Hal ini semakin menunjukkan bahwa benar-benar merupakan suatu perguruan Muhammadiyah yang mengejawantahkan Islam berkemajuan di persyarikatan Muhammadiyah,” tandasnya

 

 

Penghargaan diberikan kepada 63 siswa berprestasi. Terdapat tiga siswa dengan prestasi terbanyak yakni Dzaky Aulia Fadhil dengan 83 prestasi, Shafira Nur Izza dengan 24 prestasi, dan Ayudya Kynaira Nugroho dengan 18 prestasi. Selain itu, penghargaan diberikan kepada sepuluh besar peraih ujian sekolah tertinggi. Mereka adalah Dzaky Aulia Fadhil (97, 58), Ayudya Kynaira Nugroho (97,25), Sava Acintya Putri Lishandi (97,16), Wildan Haris Rasikh (97,04), Sekar Arum Adi Fattah (96,87), Cinta Almiera Aurelia Wijaya (96,80), Hanan Aulia Fahira (96,70), Fatiha Aulia Rizqy (96,70), Reyhan Demas Kusuma Bramantyo (96,68), dan Aqila Najwani Syifa (96,60).

 

Selain itu, penghargaan non akademik juga diberikan kepada wisudawan sesuai kategori. Kategori Literate Student adalah Mutiara Chalifa Chairunnisa dan Adiatma Musthafa Adhyana Kurniawan, kategori the best creative diberikan kepada Nabiila Alya Hernanda, kategori the best personality student diberikan kepada Dara Latifah Azzahra dan An-Naura Faisa Okta Sutantyo, dan kategori the best hafiz diberikan kepada Wildan Haris Rasikh dan Haidar Ahmad Rosyid.

 

Hadir dalam acara wisuda tersebut perwakilan Dinas Pendidikan Kota Surakarta, Drs, Supartono, M.Pd., Majlis Dikdasmen PDM Kota Surakarta, Drs. Basuki Haryono, M.Pd. (Ketua Tim Pengembang Sekolah); Drs. H. Marpuji Ali, M.SI (Ketua Komite), Ketua POSSMA, Kepala Sekolah KB-TK Aisyiyah, SD, SMP, SMA Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X