Responsive image

Serangan Taliban di Ghazni Masuk Hari Keempat

Serangan Taliban di Ghazni Masuk Hari Keempat

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com) – Serangan Taliban di kota strategis Afganistan, Ghazni, memasuki hari keempat, dengan jumlah korban tewas meningkat di atas 300, termasuk warga sipil, militer dan pejuang Taliban, menurut pejabat pemerintah.

Menteri Pertahanan Tariq Shah Bahrami mengatakan pada hari Senin (13/8/2018) “sekitar 100 militer” tewas dalam pertempuran sengit itu, juga “sekitar 20 hingga 30 warga sipil tewas kena dampak pertempuran “.

Berbicara pada konferensi pers di ibukota, Kabul, Bahrami mengatakan ratusan pejuang Taliban, termasuk 12 “komandan utama” mereka juga telah tewas, sebagian besar oleh serangan udara AS.

Menurut markas militer AS di Kabul, pesawat AS melakukan sedikitnya sembilan serangan udara pada Sabtu dan Ahad.

Pasukan Afghanistan bertempur melawan Taliban setelah kelompok itu menyerbu kota Ghazni, ibukota provinsi dan titik strategis yang menghubungkan Kabul dengan Afghanistan selatan – di hari Jumat.

Efektif Lawan AS dan NATO, Taliban Promosikan Unit Pasukan Khusus

Informasi yang keluar dari kota masih simpang siur dan sulit untuk dikonfirmasi setelah pertempuran menghancurkan sebagian besar jaringan telekomunikasi dan media berita lokal hingga menghentikan penyiaran.

Jalan masuk dan keluar kota telah dirusak dan dihalangi oleh pasukan Taliban untuk mencegah masuknya pasukan Afghanistan.

Serangan itu datang sebagai pukulan telak bagi Presiden Ashraf Ghani dan telah mengurangi harapan kemungkinan pembicaraan perdamaian dengan Taliban untuk mengakhiri perang hampir 17 tahun.

Para pejabat pemerintah di Kabul mengaku terkejut oleh serangan itu tetapi bersikeras pada hari Senin bahwa Ghazni tidak akan jatuh ke tangan Taliban dan bahwa pasukan Afghanistan tetap mengendalikan posisi-posisi kunci pemerintah dan lembaga-lembaga lain di sana.

Najib Danish, jurubicara Kementerian Dalam Negeri, mengatakan bala bantuan telah dikirim Ghazni dan berusaha untuk membersihkannya dari Taliban.

Baru Dipuji Jenderal AS Tentang Kemampuan Militer Afghanistan, Taliban Rebut 2 Distrik di Paktika

Bala bantuan sebelumnya telah menjadi mangsa penyergapan Taliban dan Zabiullah Mujahid, seorang juru bicara Taliban, mengatakan di Twitter bahwa pasukan Taliban memblokir semua jalan ke Ghazni.

Amerika Serikat juga telah mengirim penasihat militer untuk membantu pasukan Afghanistan dan melakukan serangan udara untuk mendukung pasukan Afghanistan di lapangan.

Serangan terhadap Ghazni adalah operasi taktis terbesar yang diluncurkan oleh Taliban sejak jeda sementara antara militer dan kelompok bersenjata setelah diberlakukannya gencatan senjata yang belum pernah terjadi sebelumnya pada bulan Juni.

Bagikan

One thought on “Serangan Taliban di Ghazni Masuk Hari Keempat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X