Efektif Lawan AS dan NATO, Taliban Promosikan Unit Pasukan Khusus

8 November 2017
Efektif Lawan AS dan NATO, Taliban Promosikan Unit Pasukan Khusus

AFGHANISTAN (Jurnalislam.com)Imarah Islam Afghanistan (Taliban) baru-baru ini mempromosikan “Unit Pasukan Khusus” yang sering beroperasi di provinsi Laghman, Afghanistan timur.

Sejak tahun 2015, Taliban telah memberitakan “Unit Pasukan Khusus” mereka yang diketahui beroperasi di provinsi Afghanistan selatan.

Photo “Unit Pasukan Khusus” yang beroperasi di provinsi Laghman dirilis oleh Taliban di akun resmi Telegram pada 1 November. Pasukan khusus Taliban terlihat mengenakan seragam dan rig dada baru, dan difoto dengan HUMVEE tentara Afghanistan yang mereka sita. Gambar diambil pada siang hari, Long War Journal melaporkan Senin (6/11/2017).

Taliban Tunjukan Kekuatan Militernya di Farah

Pejabat militer Afghanistan mengkonfirmasi adanya “Unit Pasukan Khusus” Taliban, yang dikenal sebagai Red Group atau Danger Group, pada musim panas 2016. Seorang komandan pasukan khusus Angkatan Darat Afghanistan mengatakan bahwa Taliban menggunakan “persenjataan canggih, termasuk teropong penglihatan malam hari (night vision scopes), roket 82mm, senapan mesin berat dan senapan serbu buatan AS. “Menurut The Associate Press, Red Group Red telah banyak bertempur di Helmand dan provinsi lainnya.

Walaupun “Unit Pasukan Khusus” Taliban tidak dilatih dengan standar dan kemampuan yang sama seperti pasukan operasi khusus AS, namun Taliban terbukti efektif di medan perang melawan pasukan AS dan NATO.

Taliban: Helikopter Tempur Chinook Amerika Ditembak Jatuh di Begama, Puluhan Tewas