Serangan Bom Mobil Hantam Pangkalan Militer di Mali, 35 Tewas dan 60 Luka-luka

Serangan Bom Mobil Hantam Pangkalan Militer di Mali, 35 Tewas dan 60 Luka-luka

MALI (Jurnalislam.com) – Sedikitnya 35 orang tewas dan beberapa lainnya terluka dalam serangan bom mobil hari Rabu yang menargetkan pangkalan militer di utara kota Gao, kata seorang pejabat militer Mali, Aljazeera melaporkan, Rabu (18/01/2017).

Mobil penuh bahan peledak menerobos ke kamp Mekanisme Koordinasi Operasional (the Operational Coordination Mechanism-MOC) di Gao pada pukul 09:00 waktu setempat (0900GMT), kata pejabat pada kondisi anonimitas karena pembatasan berbicara kepada media.

Sekitar 60 orang terluka, pejabat itu menambahkan, tanpa memberikan detil apapun mengenai identitas korban atau yang diduga sebagai pelaku.

Presiden Ibrahim Boubacar Keita mengumumkan masa tiga hari berkabung nasional.

Pejabat itu mengatakan serangan tersebut direncanakan dengan baik menyerang pasukan mereka yang berkumpul untuk melaporkan patroli semalam dan merencanakan kegiatan hari itu.

Penduduk mengatakan terjadi kepanikan di Gao dan pasokan listrik diputus.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab langsung atas serangan tapi al-Qaeda di Maghreb (AQIM) pernah mengaku bertanggung jawab atas serangan serupa di masa lalu.

Meskipun pasukan Perancis dan PBB hadir di Mali, pejuang Al Qaedah masih sangat aktif, terutama di bagian utara negara itu. Mujahidin merebut Mali utara pada tahun 2012.

Bagikan
Close X