Responsive image

Seorang Mayor dan 3 Pasukan India Tewas dalam Baku Tembak dengan Tentara Pakistan

Seorang Mayor dan 3 Pasukan India Tewas dalam Baku Tembak dengan Tentara Pakistan

INDIA (Jurnalislam.com) – Seorang mayor tentara angkatan darat termasuk di antara empat tentara India yang tewas dalam baku tembak lintas batas di sepanjang perbatasan de facto yang membagi wilayah sengketa Kashmir antara Pakistan dan India, kata seorang pejabat, lansir World Bulletin, Ahad (24/12/2017).

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Kementerian Pertahanan India Kolonel N.N. Joshi mengatakan insiden tersebut terjadi di sektor Keri di Rajouri di Jammu dan Kashmir.

“Mereka [empat tentara India yang tewas dibunuh] sebelumnya terluka parah dalam baku temabaj tentara dengan tentara Pakistan dan kemudian tewas akibat luka-luka mereka,” kata Joshi.

Dua tentara juga terluka dan menerima perawatan medis, katanya, menambahkan tentara India membalas dengan “tembakan yang tak kalah kuat dan sengit.”

Menlu India: Sekneg AS Setuju Pakistan Bongkar Tempat para Pejuang di Wilayahnya

Kashmir, sebuah wilayah Himalaya yang berpenduduk mayoritas Muslim, dikendalikan oleh India dan Pakistan di beberapa bagian namun diklaim oleh keduanya secara penuh. Sepotong kecil Kashmir juga dikendalikan oleh China.

Kedua negara telah bertempur dalam tiga perang – pada tahun 1948, 1965 dan 1971 – sejak dipisah pada tahun 1947, dua di antara perang tersebut memperebutkan Kashmir.

Di gletser Siachen di Kashmir utara, tentara India dan Pakistan sesekali juga terlibat pertempuran sejak 1984. Gencatan senjata mulai berlaku pada tahun 2003.

Kelompok perlawanan Muslim Kashmir di Jammu Kashmir telah berperang melawan penjajahan India untuk kemerdekaan, atau untuk penyatuan dengan negara tetangga Pakistan.

Lebih dari 70.000 orang dilaporkan terbunuh dalam konflik tersebut sejak 1989. India mengerahkan lebih dari setengah juta tentara di wilayah yang disengketakan tersebut.

Bagikan
Close X