Seniman Idlib Lukis Grafiti Jamal Khashoggi sebagai Bentuk Solidaritas

Seniman Idlib Lukis Grafiti Jamal Khashoggi sebagai Bentuk Solidaritas

IDLIB (Jurnalislam.com) – Seorang seniman grafiti di Idlib Suriah melukis dinding bangunan yang rusak akibat serangan udara untuk menunjukkan solidaritas dengan jurnalis Saudi yang terbunuh Jamal Khashoggi dan wartawan lain yang memiliki nasib yang sama.

Selama dua tahun terakhir, Aziz Asmar, seorang penduduk berusia 35 tahun dari distrik Binnish Idlib, juga telah melukis gambar konflik Suriah, Palestina, dan masalah-masalah lain yang sudah berlangsung bertahun-tahun di kawasan regional dan internasional.

Mural terbaru Asmar menggambarkan kematian Khashoggi, yang terakhir terlihat memasuki konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober.

Sejak itu, pihak berwenang Saudi mengakui bahwa wartawan itu tewas di dalam gedung konsulat.

Asmar juga melukis mural yang menggambarkan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin rezim Suriah Bashar al-Assad.

Dalam satu lukisan, Asmar menggambarkan al-Assad menunjuk kepada Mohamad bin Salman, putra mahkota putra mahkota Arab Saudi, dan berkata, “Murid saya yang baik.”

Asmar mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa lukisan-lukisan itu adalah caranya menunjukkan solidaritas dengan Khashoggi dan banyak jurnalis yang terbunuh oleh rezim Assad.

“Saya tidak ingin melihat tokoh-tokoh oposisi atau wartawan memiliki nasib seperti Khashoggi – kematian di tangan rezim tirani,” katanya.

Seniman itu mendesak rezim semacam itu untuk terlibat dalam dialog daripada hanya membunuh mereka yang memiliki pendapat berbeda.

Baca juga:

Sebagai kolumnis untuk Washington Post, Khashoggi terakhir terlihat pada 2 Oktober ketika dia memasuki konsulat Saudi di Istanbul.

Setelah 2 pekan menyangkal mengetahui keberadaannya, para pejabat Saudi beberapa hari lalu akhirnya mengakui bahwa wartawan itu telah tewas di dalam konsulat.

Di tengah kecaman media internasional yang sedang berlangsung, para pemimpin dunia telah meminta pemerintah Saudi untuk “memperjelas” keadaan kematian jurnalis

Bagikan

One thought on “Seniman Idlib Lukis Grafiti Jamal Khashoggi sebagai Bentuk Solidaritas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X