Sekjen MUI Ingatkan Umat Agar Tetap Tidak Bersalaman

Sekjen MUI Ingatkan Umat Agar Tetap Tidak Bersalaman

JAKARTA(Jurnalislam.com)—Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI) Dr. Anwar Abbas mengingatkan kembali agar umat Islam tidak membahayakan orang lain, salah satunya dengan sarana bersalaman.

“Dalam masa covid-19 ini  kita tentu dianjurkan untuk tidak melakukannya (bersalaman) supaya  tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan berupa penyebaran dan penularan dari virus corona tersebut karena salah satu cara penyebaran virus ini  yang paling efektif adalah melalui salaman,” kata Anwar Abbas dalam keterangan yang diterima Jurnalislam.com, Jumat (15/5/2020).

Untuk itu, MUI, kata Anwar, menghimbau umat dan masyarakat untuk lebih  mengedepankan  usaha menjaga dan melindungi diri kita masing-masing  supaya tidak jatuh ke dalam hal-hal yang akan membahayakan kesehatan dan jiwa.

“Apalagi dalam agama menjaga diri untuk tidak terjatuh ke dalam bencana dan malapetaka  itu  hukumnya adalah wajib sementara bersalam-salaman itu hukumnya hanya sunat,” tambahnya.

Untuk itu, katanya, sebagai alternatif menyambung tali shilaturrahim, tetap bisa saling melakukan melalui telepon, whatsapp, SMS, dll.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X