Responsive image

Sejak April 246.000 Orang Yaman Terserang Wabah Kolera, 1.500 Telah Tewas

Sejak April 246.000 Orang Yaman Terserang Wabah Kolera, 1.500 Telah Tewas

YAMAN (Jurnalislam.com) – Organisasi Kesehatan Dunia (the World Health Organisation-WHO) mengatakan bahwa wabah kolera di Yaman telah menewaskan 1.500 orang dan membuat sakit sekitar 246.000 orang sejak April, lansir Aljazeera, Sabtu (1/7/2017).

Perwakilan WHO di Yaman Nevio Zagaria mengatakan dalam sebuah konferensi pers pada hari Sabtu di ibukota Yaman, Sanaa, bahwa epidemi tersebut telah menyerang 21 provinsi dari 22 provinsi di Yaman, sambil menekankan bahwa jumlah kasus kolera yang dicurigai telah berlipat ganda dalam dua bulan terakhir.

Perwakilan UNICEF, Sherin Varkey, mengatakan seperempat dari korban jiwa akibat wabah itu adalah anak-anak.

Jumlah korban tewas meningkat dari 1.300 orang yang diumumkan dua pekan lalu oleh WHO, yang menempatkan jumlah kasus yang dicurigai kolera pada lebih dari 200.000 saat itu dan mengatakan jumlah tersebut bertambah 5.000 per hari.

Kolera adalah infeksi bakteri yang terkontraksi melalui makanan atau air yang terkontaminasi serta cairan dari orang yang terinfeksi.

Badan-badan PBB telah berulang kali memperingatkan bahwa pertempuran tiga tahun di Yaman telah menghancurkan sektor kesehatan negara tersebut, sehingga sulit mengatasi epidemi ini.

Yaman tetap dalam keadaan perang sejak tahun 2014, ketika pemberontak Syiah Houthi menguasai sebagian besar negara tersebut, termasuk Sanaa.

Pada tahun 2015, Arab Saudi dan sekutu Arabnya meluncurkan operasi udara besar untuk membalikkan keuntungan militer Syiah Houthi dukungan Iran dan menopang pemerintahan Yaman yang diperangi.

Menurut pejabat PBB, lebih dari 10.000 orang terbunuh dalam perang Yaman, sementara lebih dari 11 persen penduduk negara tersebut telah mengungsi sebagai akibat langsung dari konflik.

Bagikan
Close X