Sedikitnya Tujuh Tentara Saudi Tewas di Perbatasan Yaman

Sedikitnya Tujuh Tentara Saudi Tewas di Perbatasan Yaman

YAMAN (Jurnalislam.com) – Sedikitnya tujuh tentara Saudi tewas dalam sepekan terakhir dalam bentrokan dengan pemberontak Syiah Houthi, media pemerintah Arab mengatakan, lansir Ajazeera Selasa (14/02/2017).

Dalam laporan resminya, Saudi Press Agency (SPA) melaporkan Senin bahwa Mohammed al-Manjahi terbunuh saat “membela” perbatasan selatan kerajaan dalam memerangi pemberontak Houthi.

Media pemerintah sebelumnya selalu melaporkan kematian tentara yang dibunuh tapi sejak Kamis, SPA juga memuat foto pemakaman prajurit “martir” yang mereka katakan meninggal dalam pertempuran.

Menurut kantor berita AFP, laporan kementerian dalam negeri Saudi dan departemen pertahanan sipil, menyebutkan sedikitnya 115 warga sipil dan tentara telah tewas di perbatasan selatan sejak Maret 2015.

Hampir dua tahun lalu, Arab Saudi membentuk koalisi negara-negara Arab untuk mengusir Syiah Houthi yang mengendalikan ibukota, Sanaa, serta sejumlah besar wilayah negara, atas permintaan Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi, yang tinggal di ibukota Saudi, Riyadh.

Sejak itu, koalisi telah menjatuhkan lebih dari 8.600 bom – menghancurkan sekolah, rumah sakit, pabrik, situs budaya, kamp-kamp pengungsi dan rumah.

Houthi, sebuah kelompok pemberontak Syiah yang didukung Republik Syiah Iran, telah mencatat kemenangan sejak bersekutu dengan pasukan keamanan yang setia kepada mantan presiden Ali Abdullah Saleh.

Mereka telah terlibat dalam tembak-menembak di sepanjang perbatasan, meluncurkan serangan roket balasan, dan juga telah menembakkan rudal balistik ke dalam kerajaan.

Perang di Yaman telah menyebabkan ribuan orang tewas dan jutaan lainnya berjuang untuk memberi makan diri mereka sendiri.

Bagikan
Close X