Ribuan Warga Gaza Bentrok dengan Serdadu Zionis dalam Aksi Protes Ibukota Israel

GAZA (Jurnalislam.com) – Ribuan warga Palestina turun ke jalan-jalan di Yerusalem, Tepi Barat dan Jalur Gaza memprotes keputusan AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel, sebuah langkah kontroversial yang membangkitkan ketegangan di Palestina dan di seluruh negeri tersebut.

Di Tepi Barat yang dijajah Israel, warga Palestina bentrok dengan pasukan Israel di beberapa kota sepanjang hari Kamis (7/12/2017).

Sedikitnya 49 warga Palestina terluka dalam demonstrasi tersebut, dan 16 lainnya dikirim ke rumah sakit, menurut otoritas kesehatan setempat di Tepi Barat.

Pemimpin Hamas: Keputusan AS adalah Deklarasi Perang

Hoda Abdel-Hamid dari Al Jazeera, yang melaporkan dari Ramallah, mengatakan bahwa bentrokan tersebut mereda setelah ” konfrontasi yang cukup kuat selama beberapa jam antara pemuda dan tentara Israel”.

Pengunjuk rasa Palestina berkumpul di alun-alun Al Manara tengah di Ramallah dan bergerak menuju El Bireh, di mana mereka disambut oleh tentara Israel yang menembakkan gas air mata dan peluru karet.

Protes juga digelar di Hebron, Nablus, Jenin, Tulkarem dan Jericho di Tepi Barat, menurut kantor berita Anadolu, serta di Yerusalem Timur dan Jalur Gaza.

Bagikan