Ribuan Orang Lakukan Aksi Protes Anti-Houthi di Sanaa, Yaman

SANAA (Jurnalislam.com) – Ribuan warga Yaman menggelar demonstrasi besar-besaran di ibukota Sanaa, pada hari Rabu (11/3/2015) mengecam "pelanggaran" yang dilakukan oleh pemberontak Syiah Houthi.

Para pengunjuk rasa meneriakkan slogan-slogan menentang 'pelanggaran' Houthi dan penculikan aktivis oleh pemberontak Houthi, menurut reporter Anadolu Agency.

Mereka juga menyerukan pembebasan korban penculikan yang ditahan Houthi, termasuk anggota Partai Islah yang berafiliasi dengan Ikhwanul Muslimin.

Para pemimpin Houthi tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar.

Yaman tetap dalam keadaan kacau sejak September lalu, sejak Houthi mengambil alih Sanaa, dan berusaha untuk memperluas kontrol mereka ke bagian lain Yaman.

Bulan lalu, Houthi mengeluarkan deklarasi konstitusional mereka untuk membubarkan parlemen dan membentuk dewan transisi beranggotakan 551 orang.

Pemberontak Houthi juga menempatkan Presiden Abd Rabbuh Mansour Hadi dan beberapa menteri pemerintah dalam tahanan rumah, namun Hadi berhasil melarikan diri dari Sana'a bulan lalu ke kota Aden di selatan.

Setibanya di Aden, Hadi memberhentikan semua keputusan Houthi yang baru dikeluarkan dan menganggapnya sebagai "nol" dan "tidak sah." Ia juga menulis kepada parlemen Yaman, membatalkan pengunduran dirinya yang telah diajukan sebelumnya.

Sebagian besar kekuatan politik Yaman – bersama dengan beberapa negara Teluk tetangga – menggambarkan pengambilalihan kekuasaan Yaman pemberontak Syiah Houthi sebagai kudeta terhadap legitimasi konstitusional.

 

Deddy | Anadolu Agency | Jurniscom

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X