Responsive image
Responsive image
Responsive image

Ribuan Massa Ikuti Aksi #TasikUsik2 Dari Tasikmalaya untuk Palestina

Ribuan Massa Ikuti Aksi #TasikUsik2 Dari Tasikmalaya untuk Palestina

TASIKMALAYA (Jurnalislam.com) – Ribuan warga Tasikmalaya menggelar aksi solidaritas untuk Palestina di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya, Jumat (21/5/2021). Aksi yang dikoordinatori oleh Aliansi Aktivis dan Masyarakat Muslim Tasikmalaya (Almumtaz) ini bertajuk “Tasik Usik 2: From Tasikmalaya For Palestine”.

Koordinator lapangan aksi tersebut, Ustaz Hilmi Afwan mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk solidaritas umat Islam di Tasikmalaya kepada Palestina. Sedikitnya, kata dia, terdapat 65 organisasi yang mengkuti aksi tersebut, dengan estimasi massa lebih dari 10 ribu orang.

Selain melalukan orasi di depan Masjid Agung Kota Tasikmalaya, para peserta aksi itu juga melakukan long march keliling Kota Tasikmalaya. Sepanjang rute longmarch, warga tampak antusias menyaksikan. Mereka membagikan makanan dan minuman kepada peserta aksi. Tak sedikit juga yang berdonasi untuk Palestina melalui kotak-kotak amal yang dibawa oleh panitia.

“Kita ingin memberi dukungan moril kepada para pejuang di sana. Karena Al Aqsa bukan hanya milik umat Islam di sana, tapi juga milik seluruh umat Islam dunia,” kata ustaz Hilmi.

Menurut nya, saat ini umat Muslim dunia sudah mulai bersatu mengutuk penjajahan yang dilakukan Israel kepada Palestina. Buktinya, kata dia, Israel mulai melakukan gencatan senjata.

Sementara itu, Pembina Almumtaz, KH Aminudin Bustomi mengatakan, aksi dukungan kepada Palestina bukan hanya urusan umat Islam. Menurut dia, tak perlu menjadi Muslim untuk memberikan dukungan kepada Palestina.

“Kita sebagai manusia cukup untuk mendukung Palestina. Sebab yang terjadi kepada Palestina adalah bentuk kezaliman. Apapun bentuk kezaliman, kita tak boleh diam,” ujar lelaki yang juga menjabat sebagai Sekretaris MUI Kota Tasikmalaya itu.

Salah satu bentuk dukungan kepada Palestina yang bisa dilakukan di Tasikmalaya adalah melakukan aksi solidaritas. Selain itu, dukungan juga bisa dilakukan dengan melakukan sedekah untuk warga Palestina.

Ia menyayangkan, saat ini banyak informasi yang melemahkan semangat juang warga Indonesia untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Padahal dalam konstitusi Indonesia sudah jelas disebutkan, kemerdekaan hak segala bangsa.

Menurut kiai Aminudin, sebagai bagian dari bangsa Indonesia, sudah seharusnya masyarakat mendukung kemerdekaan Palestina. Apalagi, hubungan antara Indonesia dan Palestina sudah terjalin dengan lama. Bahkan, Palestina disebut memiliki jasa besar terhadap kemerdekaan Indonesia.

“Bangsa ini mesti disadarkan, hubungan Indonesia dan Palestina sudah ada sejak jauh hari. Bahkan ada saudagar Palestina ketika itu yang mewakafkan uangnya membantu kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Di penghujung aksi, panitia mengumumkan total donasi yang berhasil dikumpulkan senilai Rp. 161 juta. Donasi tersebut akan disalurkan kepada masyarakat Palestina melalui lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close X