Rezim Assad Gempur Sisa-sisa Basis IS dengan Artileri dan Serangan Udara

Rezim Assad Gempur Sisa-sisa Basis IS dengan Artileri dan Serangan Udara

SURIAH (Jurnalislam.com) – Serangan udara rezim Suriah dan tembakan artileri menggempur wilayah-wilayah yang dipegang oleh kelompok Islamic State (IS) di selatan Damaskus, menurut media rezim dan pemantau perang.

“Pesawat tempur rezim menargetkan sisa-sisa sarang IS di distrik Hajar al-Aswad di selatan Damaskus,” kantor berita rezim, SANA, mengatakan pada hari Kamis (19/4/2018), lansir Aljazeera.

Aktivis menegaskan bahwa pasukan Presiden Bashar al-Assad secara efektif telah memulai operasi militer melawan IS di selatan Damaskus.

Laporan Terbaru: Kelompok Islamic State di Irak Telah Berakhir

Serangan dan pemboman rezim menargetkan kamp Palestina di Yarmouk, serta distrik tetangga Hajar al-Aswad dan Tadamun.

Sejak mendapatkan kembali kendali penuh Ghouta Timur di timur laut Damaskus dari oposisi pekan lalu, rezim telah mengalihkan perhatiannya ke distrik-distrik yang dipegang IS di selatan ibu kota.

Selama berhari-hari, rezim Syiah Nushairiyah Assaad telah menargetkan daerah-daerah ini dengan tembakan artileri dan roket.

Sejak 2015, IS telah menguasai sebagian besar Yarmouk serta sebagian wilayah Hajar al-Aswad dan Tadamun.

Bulan lalu, IS menyerbu lingkungan Qadam, mengambil keuntungan saat pasukan Syiah Assad fokus untuk mengusir pejuang oposisi dari Ghouta Timur.

IS saat ini mengendalikan hanya sekitar lima persen wilayah Suriah, termasuk kantong di Deir Az Zor, dan memiliki kehadiran di gurun Badia yang luas di Suriah.

Pada hari Rabu, IS meluncurkan serangan mendadak di dekat Mayadeen, sebuah kota di Suriah timur yang lepas dari kendali mereka enam bulan lalu, menewaskan sedikitnya 25 tentara rezim, menurut sebuah lembaga monitor perang, sedikitnya13 pasukan IS juga tewas dalam serangan itu, kata mereka.

Bagikan
Close X