Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Gelar Aksi “Gerakan Menutup Aurat” di Bandung

Ratusan Pelajar dan Mahasiswa Gelar Aksi “Gerakan Menutup Aurat” di Bandung

BANDUNG (Jurnalislam.com) – Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus Bandung Raya (FSLDK Baraya) dan Solidaritas Peduli Jilbab (SPJ) menggelar aksi sosial keagamaan bertajuk “Gerakan Menutup Aurat” (GEMAR). Acara yang digerlar di Car Free Day (CFD) Dago, Bandung, Ahad (12/2/2017) itu diikuti oleh ratusan mahasiswa dan pelajar dari berbagai kampus dan sekolah.

Meski dalam kondisi hujan, para peserta aksi tetap semangat menjalani berbagai rangkaian kegiatan sosial keagaaman ini. Aksi diawali dengan NGAOS “Ngaji On the Street” yang dilakukan oleh massa aksi di sepanjang jalan CFD Dago. Ngaos ini bertujuan untuk mengkhatamkan 30 juz Al-Qur’an. Selain itu, untuk membiasakan masyarakat untuk tilawah dimanapun dan kapanpun.

Acara dilanjutkan dengan Longmarch sepanjang jalan CFD Dago sambil menyerukan yel-yel dan jargon mengajak masyarakat untuk senantiasa menutup auratnya. Semakin menarik karena longmarch ini diselingi oleh orasi dari perwakilan Lembaga Dakwah Kampus yang ikut memeriahkan acara tersebut. Selain orasi, ada juga persembahan puisi dari perwakilan LDK yang hadir.

Sesaat orasi dan longmarch berlangsung, massa aksi juga membagikan stiker dan pin untuk warga Bandung yang hadir di CFD pagi itu. Selain itu, massa aksi juga membagikan jilbab untuk warga Bandung terutama yang belum menutup auratnya sambil diajarkan cara memakai jilbab yang baik dan benar. Aksi membagikan jilbab gratis ini cukup menarik perhatian masyarakat terutama kaum perempuan.

Acara diakhiri di Masjid Salman ITB dengan do’a Khatmil Qur’an (Do’a Khatam Al-Qur’an) oleh seluruh massa aksi yang hadir.

“Kami berharap acara ini dapat menggugah masyarakat Bandung untuk menutup auratnya, atau berubah dari yang awalnya belum syar’i menjadi syar’i. Membiasakan masyarakat agar tidak segan bertilawah dimanapun dan kapanpun,” papar Elis Nuraeni, Koordinator Akhwat FSLDK Baraya yang juga memimpin aksi Longmarch.

 

massa aksi Gemar melakukan longmarch

Kontributor: Aisyah Naqiyyah & Irma Rahayu Latarissa

 

Bagikan
Close X