Ratusan Massa Ikuti “Longmarch Dunia Islam Berduka” di Bandung

BANDUNG (Jurnalislam.com) – Aliansi Masyarakat Selamatkan Aksi Al Aqsha (AMSA) menggelar aksi berjalan kaki (longmarch) solidaritas untuk Palestina di Bandung, Jumat (3/8/2018). Aksi bertajuk “Longmarch Dunia Islam Berduka” itu dilakukan sebagai respon atas perlakuan semena-mena tentara Israel yang mengusir jamaah shalat jumat di Masjid Al Aqsha pada pekan lalu.
Aksi dimulai setelah shalat jumat sekira pukul 13.00 WIB dengan berjalan kaki dari depan Masjid Pusdai kemudian berorasi di depan Gedung Sate Bandung .

Massa lalu melajutkan longmarch ke Bandung Indah Plaza (BIP) dan berakhir di Masjid Al-Ukhuwah, di Jalan Wastu Kencana, No 27, Bandung.
“Kami melihat perbuatan tentara zionis Israel ini sudah melewati batas. Bukan hanya sekedar menghambat masyarakat muslim Palestina untuk beribadah di Masjid Al Aqsha, tapi kini berani membubarkan ibadah shalat Jumat di sana,” tegas Ketua Aliansi Masyarakat Selamatkan Al Aqsha (AMSA), Edi Haryanto.
Dalam aksinya, massa membawa beragam atribut seperti bendera, poster berisi protes seperti “Zionis Go to hell” dan poster dukungan kepada korban bencana gempa di lombok yang berbunyi “Kami Bersama Al Aqsha dan Korban Gempa Lombok”.
“Aksi longmarch diikuti oleh 40 lembaga dan organisasi kemasyarakatan di Jawa Barat,” kata Ketua AMSA Edi Haryanto.
Lembaga dan ormas tersebut antara lain Aqsha Institute, Yayasan Untuk Palestina MT Aria Jipang, Harapan Amal Mulia, MT Rinduku Baitullah (RBT), For Humanity, Mujahadah Community, Kasih Palestina, MT Rumahku Surgaku, Al Iman.
Selain itu, Pejuang Shubuh, Life for Ummah, Inisiatif Zakat, Rumah Zakat, One day One Juz, XTC Indonesia, Brigez Indonesia, KAMMI, Bandung Fighting Club, Nurul Hayat, dan Ash Shuffah.
Selain menyuarakan aspirasi, AMSA juga menggalang dana untuk disalurkan kepada para penjaga Masjid Al Aqsha dan korban bencana gempa di Lombok, NTB.

Reporter: Kiki Firmansyah