Ranu Bebas, JITU Berharap Ini Kasus Kriminalisasi Jurnalis Terakhir

Ranu Bebas, JITU Berharap Ini Kasus Kriminalisasi Jurnalis Terakhir

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Jurnalis Islam Bersatu (JITU) bersyukur atas vonis bebas Majelis Hakim terhadap Ranu Muda dalam kasus Social Kitchen. Jurnalis panjimas.com itu dituduh melakukan provokasi terhadap perusakan kafe Social Kitchen Solo akhir tahun lalu.

“Hanya karena karuniaNya lah Ranu bisa menghirup udara bebas. Kami berharap Ranu bisa kembali bersua dengan keluarga hari ini pasca vonis bebas yang diputuskan Majelis Hakim,” kata Ketua JITU, Agus Abdullah dalam keterangan tertulis kepada Jurnalislam.com, Rabu (31/5/2017).

Agus juga mengapresiasi keputusan Majelis Hakim yang memvonis bebas Ranu. Keputusan tersebut dinilai Agus sebagai keputusan yang adil mengingat Ranu tidak terbukti melakukan tindakan kekerasan sebagaimana yang dituduhkan.

“Saksi Ahli yang dihadirkan juga menguatkan bahwa Ranu telah menjalankan fungsi jurnalisnya dalam insiden di Social Kitchen,” ujarnya.

Agus menjelaskan, sejak awal kasus itu digulirkan pihaknya berkeyakinan bahwa Ranu tidak bersalah. Menurutnya, Ranu tengah menjalankan tugas jurnalistik saat berada di kafe tersebut.

“Tuduhan yang dialamatkan kepada Ranu bahwa dia adalah propagandis dan petugas dokumentasi laskar merupakan tuduhan yang tidak berdasar dan tidak terbukti di pengadilan,” paparnya.

Agus berharap, kasus kriminalisasi terhadap jurnalis tidak terulang lagi di kemudian hari. Ia menegaskan, tugas peliputan jurnalis dilindungi UU No.40 tahun 1999.

“JITU berharap bahwa kriminalisasi terhadap Ranu adalah kejadian terakhir upaya kriminalisasi terhadap jurnalis,” tutupnya.

Siaran Pers

Bagikan
Close X