Rakornas IKADI Lahirkan Risalah Jakarta

Rakornas IKADI Lahirkan Risalah Jakarta

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Ikatan Dai Indonesia (IKADI) telah menyelesaikan rapat koordinasi nasional (Rakornas) yang digelar di Jakarta sejak 7 hingga 9 Maret 2020.

Rakornas yang dihadiri oleh seluruh pengurus wilayah dan daerah se-Indonesia itu membahas soal beragam isu global-aktual, strategi keumatan, kebangsaan dan kemanusiaan.

Rakornas tersebut menghasilkan Risalah Jakarta yang berisi 9 poin rekomendasi menyoroti sejumlah persoalan yang dihadapi umat Islam.

SALAH JAKARTA

Atas bRIerkat rahmat Allah _Ta’ala,_ Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) Ikatan Da’i Indonesia (IKADI) di Jakarta pada tanggal 12 – 14 Rajab 1441 H bertepatan dengan 7 – 9 Maret 2020 yang dihadiri oleh seluruh Pengurus Wilayah (PW)dan Pengurus Daerah (PD) se-Indonesia membahas beragam isu global-aktual, strategis keummatan, kebangsaan dan kemanusiaan, menghasilkan rekomendasi (Risalah Jakarta) sebagai berikut:

1. Memperkokoh IKADI sebagai penebar Islam _rahmatan lil ‘alamin_ dengan mengoptimalkan pemanfaatan seluruh sarana, media dan data, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam berdakwah.
2. Memperkuat soliditas dan loyalitas organisasi melalui peningkatan hubungan koordinatif yang berkelanjutan.
3. Memberikan perhatian secara khusus terhadap dakwah generasi milenial.
4. Menyerukan kepada para dai agar memanfaatkan jaringan keummatan untuk kemandirian ekonomi.
5. Memperkokoh relasi dan komunikasi serta kerja sama dengan berbagai elemen umat, baik lokal, nasional maupun internasional.
6. Mengajak segenap elemen bangsa untuk mengokohkan _Al Mitsaq Al Wathani_ (Kesepakatan Berbangsa dan Bernegara) dan tidak membenturkan Islam dengan Pancasila.
7. Menghimbau umat Islam untuk menjalankan pola hidup sehat dan islami, serta membentengi diri dengan banyak ibadah, dzikir, doa dan tawakkal sebagai langkah preventif terhadap virus corona dan penyakit berbahaya lainnya.
8. Mengecam segala bentuk tindak kekerasan yang melanggar HAM terhadap umat Islam di India, Palestina dan negara lain, dan mendorong pemerintah Indonesia untuk mengambil peran aktif sesuai dengan amanat konstitusi.
9. Menghimbau para dai IKADI agar bersama kaum muslimin untuk _muhasabah, dan mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala_ dengan memperbanyak amal shalih, ibadah dan do’a demi terwujudnya _Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur_.

_Jakarta, 14 Rajab 1441 H / 09 Maret 2020 M_

Sekjen IKADI
Ahmad Kusyairi Suhail, MA

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X