Presidium Alumni 212: Perppu Ormas Jalan Menuju Rezim Otoriter

Presidium Alumni 212: Perppu Ormas Jalan Menuju Rezim Otoriter

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Wakil Ketua Presidium Alumni 212, Asri Harahap menilai, keluarnya Perppu No 2 tahun 2017 tentang organisasi kemasyarakatan (Ormas) adalah bukti kesewenang-wenangan pemerintah dalam membubarkan paksa ormas-ormas yang dianggap tidak sejalan dengan pemerintahan saat ini.

“Perppu No 2 tahun 2017 tentang ormas adalah bukti mutakhir bagaimana rezim lewat payung hukum dapat dengan leluasa membubarkan ormas-ormas yang tidak disukai rezim. HTI adalah korban pertama Perppu tersebut, pembubaran ormas tersebut tanpa lewat pengadilan,” katanya dalam orasi aksi 287 di Monas, Jum’at (28/7/2017).

Ia melanjutkan, jika Perppu tersebut sampai disahkan oleh DPR RI, maka hal itu akan meruntuhkan pilar demokrasi serta mengarah ke rezim otoriter.

“Bila ini dibiarkan, dan Perppu tersebut disetujui DPR RI dan dibenarkan Mahkamah Agung (MK), maka pilar demokrasi yang paling penting yakni HAM yang dijamin oleh UUD 1945 langsung runtuh, dan dengan cepat demokrasi kita jadi otoriterisme,” tegasnya.

“Jokowi akan menjadi otokraf kepentingannya, dan kepentingan golongannya dipandang sebagai kepentingan Nasional,” sambungnya.

Untuk itu, ia mengajak umat Islam untuk menolak Perppu tersebut demi mencegah lahirnya rezim diktator.

Bagikan
Close X