Presiden Afghanistan Melarikan Diri, Taliban Umumkan Perang Berakhir

Presiden Afghanistan Melarikan Diri, Taliban Umumkan Perang Berakhir

KABUL(Jurnalislam.com)–Taliban telah menyatakan perang di Afghanistan berakhir setelah para pejuangnya merebut ibu kota, Kabul, dan Presiden Ashraf Ghani telah pergi melarikan diri dari negara itu dengan alasan ingin menghindari pertumpahan darah.

Terjadi kepanikan di jalan-jalan ibu kota Kabul pada hari Senin (16/8/2021) ketika pejuang Taliban bersenjata berat menguasai istana presiden yang telah ditinggalkan Ashraf Ghani. Sementara negara-negara barat bergegas untuk mengevakuasi warganya. Ratusan warga Afghanistan yang berputus asa juga membanjiri bandara Kabul untuk meninggalkan negara itu.

Juru bicara kantor politik Taliban mengatakan kepada Al Jazeera bahwa mereka tidak ingin hidup terisolasi dan mengatakan jenis dan bentuk pemerintahan baru di Afghanistan akan segera dijelaskan.

“Hari ini adalah hari besar bagi rakyat Afghanistan dan mujahidin. Mereka telah menyaksikan buah dari upaya dan pengorbanan mereka selama 20 tahun,” kata Mohammad Naeem, juru bicara kantor politik Taliban, kepada Al Jazeera.

“Alhamdulillah, perang di negara ini sudah berakhir,” imbuhnya.

Mohammad Naeem juga menyerukan hubungan internasional yang damai.

“Kami telah mencapai apa yang kami cari, yaitu kebebasan negara kami dan kemerdekaan rakyat kami,” terangnya.

“Kami tidak akan mengizinkan siapa pun menggunakan tanah kami untuk menargetkan siapa pun, dan kami tidak ingin merugikan orang lain.” pungkas Naeem. (Bahri)

Sumber: Al Jazeera

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X