PM Israel Sebut Akan Buka Penerbangan Tel Aviv- Makkah

PM Israel Sebut Akan Buka Penerbangan Tel Aviv- Makkah

TEL AVIV – Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu berjanji untuk meluncurkan penerbangan dari Tel Aviv ke Makkah, Arab Saudi, jika dia menang dalam pemilu 23 Maret.

“Saya akan memberikan Anda penerbangan langsung dari Tel Aviv ke Makkah,” kata Netanyahu dalam sebuah wawancara dengan Channel 13, yang memicu kontroversi yang meluas.

Dia, seperti dilansir Jerusalem Post, Senin (23/3/2021), juga menyoroti bahwa hubungan Israel dengan Arab Saudi adalah “normal”. Faktanya, Arab Saudi hingga saat ini masih menolak untuk menormalisasi hubungan dengan Israel.

Pada tahun terakhir pemerintahan Donald Trump, ada desas-desus bahwa hubungan antara Arab Saudi dan Israel akan terwujud di bawah Abraham Accord atau Perjanjian Abraham, di mana Israel melakukan normalisasi hubungan dengan empat negara Arab.

Hubungan yang dinormalisasi dengan Arab Saudi tidak pernah terwujud, tetapi Riyadh telah memberi Israel hak untuk terbang di atas tanahnya. Padahal, di masa lalu, Arab Saudi menolak pesawat-pesawat Israel terbang di wilayah udaranya.

Selama wawancara dengan Channel 13, Netanyahu memuji empat kesepakatan tersebut dan berjanji bahwa empat kesepakatan lagi akan terwujud.

Sumber: republika.co.id

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close X