PBNU Sebut Punya Banyak Kesamaan dengan FPI, Kecuali Satu Hal Ini

PBNU Sebut Punya Banyak Kesamaan dengan FPI, Kecuali Satu Hal Ini

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Robikin Emhas mengatakan, pihaknya dan Front Pembela Islam (FPI) mempunyai banyak kesamaan pandangan termasuk tentang penguatan ekonomi umat.

“Selain di bidang keagamaan, NU juga memiliki konsen dalam penguatan ekonomi warga. Saya percaya FPI memiliki atensi mengenai hal ini. Akses terhadap keadilan, termasuk keadilan ekonomi boleh jadi merupakan sejenis common sense seluruh ormas yang ada,” kata Robikin melalui keterangan tertulis yang diterima Jurnalislam.com Senin (4/11/2019).

Terkait hubungan antar kedua Ormas, Robikin menegaskan tak ada perbedaan yang berarti. Bagi dia, persaudaraan atau ukhuwah sesama umat tak boleh terputus.

“Tak boleh diputus hanya karena perbedaan pemikiran. Itulah konsepsi tri-ukhuwah yang dipelopori KH Ahmad Shidiq dan dikembangkan NU sejak tahun 1984,” paparnya.

Adapun soal penghormatan kepada Habaib, Robikin mengatakan NU sudah melakukan hal itu sejak zaman prakemerdekaan karena Habaib merupakan guru yang harus dihormati.

“Boleh jadi tidak ada cium tangan wolak-walik kepada habaib jika NU tidak melakukannya. Mengapa? Karena hal itu merupakan bagian dari perintah agama,” kata dia.

Namun yang perlu ditegaskan, pihaknya tidak mendukung gagasan negara Islam atau Indonesia bersyariah maupun khilafah. Bagi NU, bentuk negara ini sudah final. Final sebagai kesepakatan para pendiri bangsa (mu’ahada wathaniyah) yang wajib dipatuhi generasi berikutnya.

“Karena kesepakatan adalah janji dan janji merupakan hutang yang musti dibayar. Bahkan sejak sebelum kemerdekaan NU melalui Muktamar Ke-11 di Banjarmasin tahun 1936 sudah menegaskan bahwa nusantara adalah Darussalam. Demikian juga konsepsi dakwah. Dalam pandangan NU, amar ma’ruf harus dilakukan bil ma’ruf dan nahi munkar pun harus dikerjakan bil ma’ruf,” pungkasnya.

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close X