Paus Fransiskus Dukung Erdogan dan Puji Resolusi PBB atas Yerusalem

Paus Fransiskus Dukung Erdogan dan Puji Resolusi PBB atas Yerusalem

ANKARA (Jurnalislam.com) – Dalam sebuah percakapan telepon pada hari Jumat (29/12/2017) dengan presiden Turki, Paus Fransiskus memuji resolusi PBB dan menolak pengakuan AS pekan lalu atas Yerusalem sebagai ibukota Israel, kata sumber presiden, lansir Anadolu Agency.

Paus dan Recep Tayyip Erdogan juga menggarisbawahi pentingnya upaya bersama untuk melindungi status quo Yerusalem kata sumber tersebut, yang meminta tidak disebutkan namanya karena pembatasan untuk berbicara dengan media.

Awal pekan ini, Paus Francis juga mendesak menegosiasikan solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina dan meminta dihormatinya status quo Yerusalem untuk mencegah konflik lebih lanjut.

Kini Erdogan Bahas Palestina Bersama Pemegang Kunci Kota Suci Yerusalem

“Mari kita berdoa agar kemauan untuk melanjutkan dialog muncul di antara para pihak dan bahwa solusi yang dinegosiasikan akhirnya bisa tercapai, yang memungkinkan koeksistensi damai dua negara dalam batas-batas yang disepakati bersama dan diakui secara internasional,” katanya kepada puluhan ribu orang-orang dari balkon Basilika Santo Petrus di sebuah alamat Natal.

Pengumuman nyeleneh Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada 6 Desember mengenai perubahan kebijakan AS atas Yerusalem memicu kecaman dari seluruh dunia.

Pada 21 Desember, Majelis Umum PBB secara luar biasa mengadopsi sebuah resolusi yang disponsori Turki menolak langkah Trump dengan suara 128-9, dengan 35 abstain.

Bagikan
Close X