Responsive image

Pasukan Irak Lancarkan Serangan Besar, 350.000 Anak Terjebak di Mosul Barat

Pasukan Irak Lancarkan Serangan Besar, 350.000 Anak Terjebak di Mosul Barat

MOSUL (Jurnalislam.com) – Sekitar 350.000 anak-anak terjebak di Mosul barat, Save the Children memperingatkan pada hari Ahad saat pasukan Irak melancarkan serangan baru di kota strategis yang masih dikuasai IS tersebut.

“Pasukan Irak dan sekutu mereka, harus melakukan segala daya untuk melindungi anak-anak dan keluarga mereka dari bahaya, dan menghindari bangunan sipil seperti sekolah dan rumah sakit saat mereka merangsek masuk lebih dalam ke kota,” kata direktur amal negara Irak yang berbasis di London tersebut, Maurizio Crivallero, lansir World Bulletin, Ahad (19/02/2017)

“Ini adalah pilihan suram bagi anak-anak di Mosul barat sekarang: bom, baku tembak dan kelaparan jika mereka tinggal – atau eksekusi dan penembak jitu jika mereka mencoba untuk mengungsi,” kata Crivallero dalam sebuah pernyataan.

Dia menambahkan: “rute melarikan diri yang aman bagi warga sipil juga harus dibentuk sesegera mungkin.”

Serangan untuk merebut kembali tepi barat Mosul yang dimulai pada hari Ahad itu bisa menjadi pertempuran paling brutal dalam operasi empat bulan di kota kedua Irak, lokasi terakhir kelompok IS di Irak.

Pemerintah Irak melancarkan serangan untuk merebut Mosul pada 17 Oktober, dan menyatakan Mosul timur “sepenuhnya dibebaskan” pada 24 Januari.

Pasukan federal sekarang menghadapi salah satu tantangan terberat – jalan-jalan sempit Kota Tua di tepi barat Mosul, yang sulit dilewati banyak kendaraan militer.

Save the Children memperingatkan bahwa “dampak persenjataan artileri dan peledak lainnya pada jalan-jalan yang sempit dan padat penduduk cenderung lebih mematikan disbanding yang lain yang telah kita lihat dalam konflik sejauh ini”.

350.000 adalah jumlah orang yang berusia di bawah 18, seorang juru bicara badan amal mengkonfirmasi.

Bagikan
Close X