Operasi Militer Agresor AS di Kota Raqqah Dimulai

Operasi Militer Agresor AS di Kota Raqqah Dimulai

ANKARA (Jurnalislam.com)Operasi yang didukung agresor AS untuk menguasai kota Raqqah di Suriah utara dari kelompok Islamic State (IS) dimulai pada Jumat malam, Perdana Menteri Binali Yildirim mengatakan pada hari Sabtu (3/6/2017), lansir Anadolu Agency.

Menghadapi media di ibukota Ankara, Yildirim mengatakan Amerika Serikat menginformasikan kepada Turki tentang operasi tersebut sebelum diluncurkan.

Dia mengulangi ketidaksetujuan Turki atas metode AS dalam operasi Raqqah dan menambahkan pihak Amerika telah meyakinkan bahwa senjata yang digunakan oleh kelompok teror PKK / PYD di Suriah tidak akan menjadi ancaman bagi Turki.

“Mereka [AS] mengatakan kepada kami bahwa ini (bekerja sama dengan PKK / PYD dalam operasi Raqqah) bukanlah sebuah pilihan namun sebuah keharusan dan bahwa kerja sama taktis dengan mereka tidak akan dipertahankan lama setelah operasi,” katanya.

Perbedaan antara Washington dan Ankara di Suriah terutama adalah mengenai bagaimana mereka menilai kelompok bersenjata di wilayah ini.

Pemerintah Turki menganggap PYD / YPG sebagai cabang PKK Suriah, sebuah organisasi yang ditunjuk sebagai teroris oleh Turki dan Internasional.

Sedangkan AS tidak melihat PKK / PYD sama dengan PKK, karena melihat bagaimana kelompok tersebut secara ekstensif bertempur melawan IS di Suriah utara. Pasukan Demokrat Suriah yang didukung YPG telah menjadi mitra utama Washington dalam pertarungan melawan IS.

Bagikan
Close X