Responsive image

Ogah Kunjungi Muslim Rohingya di Rakhine, Aung Suu Kyi Hanya Utus Penasihatnya Saja

Ogah Kunjungi Muslim Rohingya di Rakhine, Aung Suu Kyi Hanya Utus Penasihatnya Saja

MYANMAR (Jurnaislam.com) – Penasihat Negara Aung San Suu Kyi pada hari Kamis (2/11/2017) melakukan kunjungan pertamanya ke bagian utara negara bagian Rakhine, di mana ribuan Muslim Rohingya terbunuh oleh militer dan ratusan ribu lainnya telah meninggalkan rumah mereka dalam beberapa bulan terakhir.

Suu Kyi, pemimpin de facto Maynmar, mendapat kecaman dari masyarakat internasional atas penolakannya untuk berbicara menentang penganiayaan terhadap minoritas Muslim Rohingya dalam sebuah tindakan sadis pasukan Myanmar pada operasi pembantaian yang diluncurkan pada akhir Agustus.

Dia tiba di ibukota negara bagian Sittwe Kamis pagi sebelum pergi ke Maungdaw di utara, kata seorang pejabat.

Aung San Suu Kyi Pidato pada Dunia, Muslim Rohingya: Suu Kyi Pengkhianat!

Juru bicara pemerintah negara bagian Tin Maung Swe mengatakan bahwa dia bertemu dengan Kepala Menteri Daerah U Nyi Pu untuk membahas situasi di Rakhine utara.

“Pejabat pemerintah dan petugas keamanan menemaninya dalam kunjungannya ke Maungdaw seusai rapat,” katanya kepada Anadolu Agency, Kamis (2/11/2017).

Inggris Cabut Penghargaan ‘The Freedom of Oxford’ pada Aung San Suu Kyi

Keluarga Rohingya masih menyeberangi sungai Naf ke Bangladesh untuk melarikan diri dari apa yang disebut pejabat PBB sebagai “pembersihan etnis oleh militer Budha Myanmar”.

Suu Kyi, penerima Hadiah Nobel Perdamaian yang kini kontroversi, mengunjungi Rakhine selatan hanya selama kampanye pemilihan 2015 namun sebelumnya tidak pernah melakukan perjalanan ke utara, di mana sebagian besar tinggal Rohingya.

“Dia bilang dia ingin melihat situasi tanahnya sendiri,” kata Tin Maung Swe.

Bagikan
Close X