NATO Mulai Latih Tentara Irak

NATO Mulai Latih Tentara Irak

IRAK (Jurnalislam.com) – NATO mulai melatih tentara Irak untuk menjinakkan bom yang ditanam oleh kelompok Islamic State ( IS), mereka mengatakan pada hari Ahad (05/02/2017), memperluas program yang sudah berjalan di negara tetangga Yordania, lansir World Bulletin.

Sejak bulan lalu, penasihat NATO di Irak telah mengawasi program kerja sama sipil-militer dan memeriksa institusi keamanan.

Namun hingga saat ini, pelatihan pasukan Irak di bidang pertambangan dan pembuangan persenjataan telah berlangsung di Yordania.

“Senjata terbaik yang kita miliki dalam memerangi musuh adalah dengan melatih pasukan lokal,” Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg seperti dikutip dalam sebuah pernyataan aliansi.

“Sebuah militer Irak yang lebih efektif berarti Irak menjadi lebih aman, dan Timur Tengah menjadi lebih stabil bagi kita.”

Anggota aliansi telah sepakat untuk memperluas pelatihan pada pertemuan puncak mereka di Warsawa Juli lalu.

Sejak Oktober, NATO juga telah mengerahkan pesawat pengintai AWACS di kawasan itu untuk meningkatkan pertempuran koalisi yang dipimpin AS, sebuah tindkan juga telah diputuskan pada pertemuan puncak Warsawa.

Pesawat-pesawat tersebut adalah salah satu aset konkrit yang dimiliki NATO, dengan sebagian besar perangkat keras militer milik negara anggota.

Bagikan
Close X