Muncul Film Pendek Kisah Perjuangan Amil di Hari Zakat Nasional

12 Juni 2018
Muncul Film Pendek Kisah Perjuangan Amil di Hari Zakat Nasional

BANDUNG (Jurnalislam.com)–Bertepatan dengan Hari Zakat Nasional yang diperingati setiap 27 Ramadhan, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Sinergi Foundation meluncurkan video kisah perjuangan amil zakat berjudul ‘Balada Amil Zakat.’

CEO Sinergi Foundation Ima Rachmalia mengatakan bahwa video singkat berdurasi 6 menit ini merupakan sedikit dari berjuta kisah yang dirasakan oleh para amil (pengelola) zakat.

“Di pengujung Ramadhan ini, di saat orang-orang sudah mudik, para amil zakat ini justru harus berjibaku dengan pekerjaannya 24 jam, bahkan hingga pagi hari di Hari Raya membagikan zakat fitrah,” kata Ima Rachmalia dalam keterangan tertulis yang diterima Jurnalislam.com , Selasa (12/6/2018).

Video singkat ini, kata Ima mengisahkan tentang amil zakat yang ditelepon sang Bunda di kampung halaman, namun di hari terakhir Ramadhan, dirinya masih harus menjemput zakat, infak, dan donasi dari para donatur.

Malamnya, ia masih harus mendistribusikan zakat fitrah, sehingga ia mengabari kepada sang ibu di kampung bahwa pada ramadhan tahun itu, ia tak bisa pulang.

“Kisah ini benar-benar dialami para amil untuk membantu para muzaki  menunaikan kewajiban rukun Islam yaitu zakat. Sehingga bagi mereka, kebahagiaan Idul Fitri juga ketika melihat senyum para mustahik yang terbantu,” tambah Ima.

Khusus zakat fitrah, Sinergi Foundation sendiri menyiapkan beras dengan memberdayakan petani lokal dari Lumbung Desa Sinergi Foundation di Desa Kiarasari Compreng Subang. Hingga pagi menjelang shalat Id, para amil masih mendistribusikan zakat.

“Video ini semoga menginspirasi dan menyemangati para amil zakat, dan berharap agar kami menjadi lembaga yang amanah, professional dan terus berkhidmat untuk umat,” pungkas Ima.

Video singkat amil ini bisa dilihat di Youtube pada tautan: https://www.youtube.com/watch?v=3VknkU4Of64