Mulai Hari Ini Amerika Lancarkan Perang Dagang terhadap China

Mulai Hari Ini Amerika Lancarkan Perang Dagang terhadap China

NEW YORK (Jurnalislam.com) – Pemerintahan Presiden Donald Trump diperkirakan mulai menerapkan tarif untuk China pada hari Jumat (6/7/2018) yang secara resmi akan memulai perang dagang, menurut laporan media AS, lansir Anadolu Agency.

Tarif senilai $ 34 miliar untuk barang-barang China akan berlaku pada pukul 12:01 pagi waktu EST (0400GMT), sementara $ 16 miliar dijadwalkan untuk kemudian hari.

Gedung Putih pada awalnya mengumumkan pada bulan April bahwa mereka berencana untuk menampar Cina dengan tarif $ 50 milyar, dan menambahkan pada bulan Juni mereka dapat “mencakup teknologi industri yang signifikan.”

Begini Kata Ahli Ekonomi Dunia Terkait Dampak Perang Dagang China-AS

Tarif baru diberlakukan “mengingat pencurian properti intelektual dan teknologi China dan praktik perdagangan tidak adil lainnya,” kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan pada 15 Juni.

Sebagai tanggapan, Beijing diperkirakan akan segera memberlakukan tarif pembalasan terhadap AS, yang dapat meningkatkan perang perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia dan memiliki efek spillover di wilayah lain.

Setelah administrasi Trump mengumumkan memberlakukan tarif 25 persen pada baja dan 10 persen pada impor aluminium pada Maret, China mengatakan akan memberlakukan tarif $ 3 milyar antara 15 hingga 25 persen pada 128 barang Amerika.

Kapal Perang AS Provokasi Teritorial Perairan China

Setelah rencana Washington untuk memberlakukan tarif 25 persen pada 1.300 barang-barang China yang bernilai $ 50 miliar pada bulan April, Beijing segera mengatakan akan menempatkan tarif 25 persen pada 106 barang Amerika senilai $ 50 miliar.

Defisit perdagangan AS dengan China adalah $ 347 miliar pada tahun 2016.

Bagikan
Close X