MUI Desak Pemerintah Hentikan Perdagangan Miras

12 April 2018
MUI Desak Pemerintah Hentikan Perdagangan Miras
Sekjen MUI Pusat, Anwar Abbas

JAKARTA (Jurnalislam.com) – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, mendesak pemerintah menghentikan perdagangan miras dalam bentuk apapun. Ia prihatin atas kasus jatuhnya puluhan korban akibat menenggak miras oplosan di Jawa Barat.

Pasalnya, kata dia, barang haram tersebut mengandung mudharat besar bagi pengonsumsinya jangka pendek maupun panjang.

“Semestinya jangan sampai ada anak-anak dari warga bangsa ini yang mati secara tidak wajar seperti itu,” ujar Anwar, Kamis (12/4/2018).

Anwar menilai seringnya kasus meninggalnya sejumlah orang akibat miras oplosan menandakan penegak hukum kurang tegas. Selain itu, masyarakat sendiri sudah kecanduan terhadap miras oplosan.

Sehingga, menurut Anwar, sangat sulit menghentikan peradaran dan miras oplosan. Kontrol masyarakat dinilai masih lemah terhadap hal seperti ini.

Selain miras, Anwar juga menyoroti tingginya peredaran narkoba. Menurutnya, narkoba lebih dahsyat daripada miras dalam membunuh generasi bangsa.

Ia meminta pemerintah lebih tegas dalam pemberantasan narkoba. Sehingga generasi bangsa dapat terselamatkan.

“Tidak kurang 50 orang dalam sehari meregang nyawa karena narkoba. Tapi mengapa terkesan pemerintah tidak pernah bisa menghentikan perdagangan dan peredaran barang terlarang tersebut,” kata Anwar.