Milisi Syiah Irak Ambil Alih Bandara Tal Afar di Mosul dari IS

Milisi Syiah Irak Ambil Alih Bandara Tal Afar di Mosul dari IS

Mosul (Jurnalislam.com) – Milisi Syiah Irak Hashd al-Shabi Rabu malam telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah merebut Tal Afar Airport dari Islamic State (IS), Anadolu Agency melaporkan, Rabu (16/11/2016).

Pengumuman itu muncul dari kantor pers milisi Syiah Hashd al-Shaabi – sebuah kelompok payung milisi Syiah pro-pemerintah Irak yang didukung Iran yang didirikan pada pertengahan 2014 untuk melawan IS.

Pada hari Senin, milisi Syiah, dalam koordinasi dengan Komando Operasi Gabungan tentara Irak, meluncurkan operasi tahap ketiga yang sedang berlangsung untuk merebut kembali daerah-daerah timur kota Tal Afar (sekitar 65 kilometer (40 mil) barat dari Mosul) dari IS.

Tiga Hari Pertempuran: 30.000 Warga Tinggalkan Fallujah, 300 Lebih Pasukan Irak dan Syiah Tewas

Tal Afar adalah kota mayoritas Turkmen di provinsi Nineveh utara Irak, yang ibukota provinsinya adalah Mosul.

Pemerintah Turki telah berulang kali memperingatkan risiko konflik agama jika milisi Syiah diperbolehkan untuk masuk Mosul yang mayoritas Sunni.

Di wilayah Irak lain yang baru-baru ini diambil alih milisi Syiah Hashd al-Shaabi dari IS, termasuk Fallujah dan Ramadi, dilaporkan pasukan Syiah menganiaya warga Sunni setempat.

An Iraqi special forces soldier looks at a part of Mosul controlled by Islamic State fighters in Iraq, November 15, 2016. REUTERS/Goran Tomasevic - RTX2TRBY

Bagikan
Close X