Markas Komando Polisi Rezim Assad di Damaskus Dihantam 3 Serangan Bom

12 Oktober 2017
Markas Komando Polisi Rezim Assad di Damaskus Dihantam 3 Serangan Bom

SURIAH (Jurnalislam.com) -Sedikitnya dua polisi tewas dan enam lainnya cedera berat setelah penyerang meledakkan diri di markas komando polisi di ibukota Suriah, Damaskus, menurut media rezim Suriah, Aljazeera melaporkan.

Pembom martir mencoba menyerbu gedung polisi utama dan bentrok dengan para penjaga sebelum meledakkan alat peledak mereka di luar pada hari Rabu (11/10/2017), lapor televisi pemerintah Suriah.

Sebuah laporan DPA yang mengutip kantor berita resmi Suriah mengatakan dua pembom meledakkan ikat pinggang mereka di luar kantor polisi di Jalan Khaled bin al-Walid, sementara pembom ketiga meledakkan dirinya di pintu masuk sebuah pasar di jalan yang sama.

Serangan hari Rabu adalah insiden kedua bulan ini setelah sekelompok orang bersenjata membidik sebuah kantor polisi di distrik Al-Midan, Damaskus, pada 2 Oktober.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia (the Syrian Observatory for Human Rights-SOHR) mengatakan September adalah bulan paling mematikan dalam konflik tahun ini, dengan sedikitnya 3.000 orang, termasuk 955 warga sipil, terbunuh.

“Lebih dari 70 persen warga sipil terbunuh akibat serangan rezim Assad dan serangan udara brutal ┬áRusia, atau akibat serangan udara koalisi internasional” yang memerangi kelompok Islamic State (IS), menurut Rami Abdel Rahman, kepala SOHR.

Jumlah orang yang terbunuh pada bulan September lebih tinggi bukan hanya karena meningkatnya pertempuran dan “serangan udara intensif dari koalisi internasional dan Rusia terhadap benteng-benteng IS di utara dan timur Suriah, namun juga karena meningkatnya serangan udara Rusia dan rezim di daerah-daerah yang dikuasai oposisi,” Abdel Rahman mengatakan.

Didukung oleh serangan udara Rusia, pasukan rezim Syiah Bashar al-Assad sedang berperang untuk merebut kembali daerah-daerah di provinsi timur Deir Az Zor yang dikendalikan oleh IS.

Sebuah koalisi internasional pimpinan AS telah memberikan dukungan udara kepada aliansi Kurdi-Arab, Pasukan Demokratik Suriah (SDF), yang uga memerangi IS di bekas benteng utara mereka di kota Raqqa dan Deir Az Zor.