Mantan Walikota Pekalongan Terpilih Jadi Ketum Al Irsyad 2015-2020

TEGAL (Jurnalislam.com) – Mantan Walikota Pekalongan, Muhammad Basyir Ahmad Syawie terpilih menjadi Ketua Umum Perhimpunan Al Irsyad periode 2015-2020. Penentuan Basyir sebagai Ketua Umum merupakan hasil musyawarah Dewan Syuro dalam muktamar ke-2 perhimpunan Al Irsyad yang dilangsungkan di Tegal, Sabtu-Ahad (12-13/12/2015). Sementara itu, jabatan Sekretaris Jenderal diserahkan kepada Nasir Seff dan bendahara Ali Said Bamajbur.

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi roji’uun. Kita semua adalah milik Allah dan akan kembali kepada Allah,” kata Basyir memulai sambutannya usai terpilih menjadi Ketua Umum, Ahad (13/12/2015)

Langkah pertama yang akan dilakukan oleh Basyir adalah melaksanakan program kerja yang telah direkomendasikan oleh peserta muktamar, diantaranya meminta kepada Al Irysad Al Islamiyah untuk bergabung bersama. "Islah adalah bagian dari program kerja kita,” ujar Basyir.

Yang kedua, lanjut Basyir, adalah menjadi penghubung dengan lembaga-lembaga dan ormas lain. “Penghubung dengan pemerintah, ormas Islam seperti NU dan Muhammadiyah, dan Duta Besar negara-negara sahabat,” terang Basyir.

Basyir kemudian bercerita tentang pengalamannya menjadi Wali Kota Pekalongan. Dimana dia telah berhasil menjadikan Pekalongan sebagai kota kreatif dunia.

“Saya memimpin Pekalongan dan Pekalongan menjadi kota kreatif dunia menurut UNESCO,” terang Basyir.

Saat awal-awal memimpin Pekalongan, Basyir juga melakukan gebrakan luar biasa dengan mewajibkan siswa di sekolah-sekolah negeri untuk belajar baca tulis al-Qur’an dan wajib berpakaian muslim.

“Saya mewajibkan siswa agar bisa baca tulis al-Quran dan berpakaian muslim. Di Pekalongan tidak ada siswa tawuran, anak punk dan konser musik,” tegas Basyir.

Untuk itu, Basyir mengajak kepada segenap keluarga besar Al Irsyad untuk bersama-sama membangun dan bekerja untuk Al Irsyad.

“Al Irsyad bisa bangkit, yuk kita berbuat apa yang bisa perbuat untuk Al Irsyad,” tandas Basyir. (Budimarta)

Susunan Kepengurusan DPP Perhimpunan Al Irsyad Periode 2015-2020

Ketua Dewan Syuro  : Yusuf Utsman Baisa

Anggota Dewan Syuro       : Husen Maskati, Kholid Bawazir, Kholid Seff dan Amin Rajab.

Ketua Umum                        : Muhammad Basyir Syawie

Sekretaris Jenderal              : Nasir Seff

Bendahara                            : Ali Said Bamajbur

Ally | Jurnalislam

Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.