Responsive image

Lebih dari 42.000 Warga Suriah Kembali ke Jarabulus dari Turki

Lebih dari 42.000 Warga Suriah Kembali ke Jarabulus dari Turki

GAZIANTEP (Jurnalislam.com) – Lebih dari 42.000 warga Suriah telah kembali ke Jarabulus di Suriah utara sejak kota tersebut dibebaskan dari kelompok Islamic State (IS), menurut seorang pejabat Turki di kantor migrasi pada hari Kamis, Anadolu Agency melaporkan Senin (12/6/2017).

Warga telah kembali ke rumah mereka di kota tersebut, yang terletak persis di seberang perbatasan Turki, sejak Tentara Pembebasan Suriah (the Free Syrian Army FSA) yang didukung Turki membebaskannya pada Agustus tahun lalu.

Warga Suriah yang kembali termasuk wanita dan anak-anak. Mereka dibawa ke Jarabulus setelah menjalani pemeriksaan keamanan di gerbang bea cukai Karkami di Gaziantep, seorang pejabat di kantor migrasi Gaziantep di Turki selatan, yang berbicara dengan syarat anonim karena pembatasan untuk berbicara dengan media, mengatakan.

Rata-rata 200 orang per hari telah kembali ke Jarabulus dari Turki, pejabat tersebut menambahkan.

Pasukan FSA di perbatasan membantu warga sipil pergi ke Jarabulus. Sejauh ini, 42.406 warga sipil dilaporkan telah kembali.

Operasi Euphrates Shield, yang dimulai pada akhir Agustus tahun lalu dan berakhir pada bulan Maret 2017, bertujuan untuk menghilangkan ancaman teror (IS dan PKK/YPG) di sepanjang perbatasan Turki oleh FSA, yang didukung artileri Turki dan dukungan serangan udara.

Sejak perang Suriah meletus di Suriah pada tahun 2011, Jarabulus dikendalikan oleh IS dan sesekali oleh kelompok teroris PKK / PYD.

Bagikan
Close X