Responsive image

Kongres Alumni 212 : Beli Produk Muslim, Selamatkan Ekonomi Umat!

Kongres Alumni 212 : Beli Produk Muslim, Selamatkan Ekonomi Umat!

JAKARTA (Jurnalislam.com) — JAKARTA (Jurnalislam.com)—Salah satu hal yang dibahas dalam Kongres Alumni 212 pada hari Jumat (1/2/2017) adalah tentang ekonomi Islam. Hadir sebagai pemateri dan pemandu kongres, Guru Besar Insitut Pertanian Bogor (IPB) cum Wakit Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin.

Dalam pemaparannya, Prof. Didin menegaskan kembali pentingnya membangun sinergi dan dukungan terhadap elemen ekonomi umat, salah satunya dengan membeli produk dari umat Islam, sebab menurutnya salah satu prinsip ekonomi syariah adalah ekonomi berjamaah.

“Saya ingin kembali membangun semangat kebersamaan ini karena Nabi mengatakan begini, “kita ini adalah kaum yang bertakwa, kita tidak pernah makan kecuali dari makanan orang yang bertakwa”. Jadi garis antara produsen dengan konsumen itu adalah garis ketaqwaan. Inilah yang disebut dengan ekonomi jamaah. Saling ridha diantara kamu sekalian,” katanya.

Membangun sinergi dan dukungan ini, menurut Kiai Didin harus berawal dari komitmen dan berbuat sekecil apapun dengan membeli produk umat Islam.

“Kembali berbelanja kepada sesama muslim, sehingga kita dapat menyelamatkan ekonomi umat Islam,” tegasnya.

Seperti diketahui, Kongres Alumni 212 di PHI Cempaka Putih Jakarta tidak hanya membahas persiapan reuni 212, tetapi juga kongres membahas ihwal permasalahan bangsa seperti ekonomi, keuangan, moral bangsa, korupsi hingga solusi ekonomi.

Bagikan
Close X